Kota Bandung, Beritainspiratif.com - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jawa Barat akan menggelar Rapat Pimpinan (Rapim) untuk membahas Pj Gubernur Jabar pengganti Mochamad Ridwan Kamil.

Sekedar diketahui, Ridwan Kamil dan Uu Ruzhanul Ulum akan mengakhiri Jabatan sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat pada 5 September 2023.

Wakil Ketua DPRD Jawa Barat Ineu Purwadewi Sundari mengatakan, DPRD Jabar akan menyampaikan tiga nama usulan sebagai Pj Gunernur Jabar. Kemudian Kemendagri juga menyampaikan tiga nama usulan. Untuk selanjutnya, keputusannya Pj Gubernur Jabar tetap di Presiden Joko Widodo.

"Surat Kemendagri baru datang minggu lalu, disampaikan oleh Setwan DPRD Jabar. Tentunya kami akan melakukan rapat pimpinan DPRD dan Ketua Fraksi-fraksi," kata Ineu, di DPRD Jabar, Kota Bandung, Selasa (1/8/2023).

Baca Juga: DPRD Umumkan Pemberhentian Jabatan Gubernur Jabar 5 September 2023

Menurut Ineu, untuk kriteria Pj Gubernur Jabar sudah disampaikan didalam surat Kemendagri. Salah satu kriterianya sudah ditentukan jika untuk menjadi  Pj Gubernur Jabar harus Eselon I.

"Itu ada ketentuannya, ada dalam Permendagri yang disampaikan. Usulan juga banyak cukup nama, tapi kita harus melihat juga apakah memenuhi dari persyaratan yang ditentukan," jelasnya.

Sementara terkait nama Pj Gubernur Jabar dari Aparat Penegak Hukum (APH), Ineu menyatakan, jika mereka berasal dari unsur TNI-Polri yang sudah ditugaskan di pemerintahan tentunya harus setara dengan Eselon I dan ketentuan yang diumumkan.

Ineu menyatakan bahwa DPRD Jabar diberi waktu hingga tanggal 9 Agustus 2023 untuk menyampaikan tiga calon nama yang akan menjadi Pj Gubernur Jabar.

"Ketika tanggal lima nanti tidak ada kekosongan, begitu pak gubernur selesai, sudah ada Pj yang melanjutkan tugas," pungkasnya.

Baca Juga: SUKAMISKIN Masuk 3 Besar Lomba Kelurahan Tingkat NASIONAL Regional II, Mohon Doanya!

Dilansir Antara Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jawa Barat secara resmi mengusulkan tiga nama untuk menjadi Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat, yakni:  

1.  Bey Triadi Machmudin - Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media, Sekretariat Presiden

2. Asep Mulyana - Dirjen Peraturan Perundangan Kemenkumham 

3. Keri :estari - Guru Besar Universitas Padjajaran (Unpad) Keri Lestari. 

Wakil Ketua DPRD Jabar Achmad Ru'yat mengatakan, ketiga nama tersebut muncul dari kesepakatan tiap fraksi. 

"Dari hasil usulan itu tadi, dengan berbagai pertimbangan terpilih tiga nama, pertama Prof Asep Mulyana, Prof Keri Lestari dan Bey Triadi Machmudin," kata Achmad di Gedung DPRD Jawa Barat, Kota Bandung, Jawa Barat, Rabu (2/8/2023).

Lihat Berita dan Artikel lainnya di: Google News 

(YI) 

Baca Juga:

-Berita Liputan Lainnya di Video Youtube Bicom

-Canggih! Kamera CCTV di Kota Bandung Kini Mampu Mendeteksi Wajah

-AMSI AWARDS 2023 Akan Digelar di Kota Bandung

-Klinik 'INGGIT GARNASIH' Layanan Kesehatan Khusus Lansia, GRATIS!

-Pertamina Luncurkan BBM Baru 'Pertamax Green 95' Ini Keunggulannya!

-Kereta Cepat Jakarta-Bandung Mulai Beroperasi 18 Agustus 2023, Ini Rutenya!

-Daftar BURUAN SAE Penerima Anugrah Insan Pangan & Pertanian Kota Bandung