Kota Bandung, Beritainspiratif.com - Sejumlah titik strategis persimpangan di Kota Bandung bergema dengan khidmat Lagu kebangsaan Indonesia Raya pada momen detik detik peringatan HUT ke-79 Kemerdekaan RI.

Titik tersebut antara lain Simpang Lima, Persimpangan Cikapayang, Persimpangan Paskal, Persimpangan Telkom, dan Persimpangan Samsat Kota Bandung.

Selama tiga menit, seluruh aktivitas kendaraan dan pejalan kaki di lokasi tersebut dihentikan sementara, untuk memberikan ruang bagi masyarakat menghormati pengibaran bendera merah putih.

Baca Juga: POLRI Siapkan POLISI RW untuk Cegah Maraknya Judi Online di Masyarakat

“Pada pukul 10.00 WIB, kami meminta seluruh warga Bandung yang berada di titik-titik tersebut berhenti sejenak, berdiri dengan sikap sempurna, dan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Ini adalah bentuk rasa syukur dan penghargaan kita terhadap perjuangan kemerdekaan yang telah kita nikmati hingga hari ini. Lagu Indonesia Raya dikumandangkan melalui speaker yang ada di traffic light yang sudah direkam terlebih dahulu untuk menghindari noise,” jelasnya.

Memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia, Dinas Perhubungan Kota Bandung kembali melaksanakan acara tahunan “3 Menit untuk Indonesia”. Acara yang dimulai sejak tahun 2021 ini bertujuan untuk meningkatkan rasa nasionalisme di kalangan masyarakat dengan mengumandangkan lagu kebangsaan Indonesia Raya di berbagai jalan utama Bandung, tepat pada saat pengibaran bendera merah putih pada pukul 10.00 WIB.

Baca Juga: Pertama dalam Sejarah, Presiden Pimpin Upacara HUT ke-79 RI di Ibukota Nusantara

Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung kembali menggelar kegiatan 3 Menit untuk Indonesia pada 17 Agustus 2024.

Hal ini sebagai bentuk rasa nasionalisme dan rasa syukur bangsa Indonesia telah 79 tahun merdeka.

Kegiatannya dipusatkan di dua titik, yakni simpang lima Jalan Asia Afrika dan perempatan Jalan Ir. H. Djuanda - Pasupati (Cikapayang) pada pukul 10.17 WIB.

Di kawasan Cikapayang Dago, sekitar  15 orang personel dari Mako Pusat Dinas Kebakaran dan Penanggulanan Bencana Kota Bandung ikut andil. Sementara itu, 4 orang diantaranya mengibarkan bendera Merah Putih.

Para pengguna kendaraan bermotor, pejalan kaki, hingga warga sekitar  berhenti sejenak mengikuti 3 Menit untuk Indonesia.

Lihat Berita dan Artikel lainnya di: Google News 

(YI) 

Baca Juga:
-BANK INDONESIA Buka Lowongan PCPM Angkatan 39 Tahun 2024, Ini Linknya!
-Resmi, Pendaftaran Seleksi CPNS Dibuka pada 20 Agustus 2024, Ini Linknya!