Kota Bandung, Beritainspiratif.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung bakal gelar pawai kendaraan hias (Karnaval). Karnaval ini merupakan bagian dari rangkaian untuk memeriahkan perayaan Hari Jadi ke-214 Kota Bandung (HJKB) tahun 2024.

Pawai kendaraan hias yang digelar Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung akan berlangsung pada Minggu 15 September 2024. Dan ini akan menjadi magnet bagi warga Kota Bandung dan wisatawan untuk dinikmati.

Peserta dari Luar Kota Bandung

Tujuh kota/kabupaten dari luar kota Bandung yang akan ikut serta yaitu Kota Cimahi, Kabupaten Subang, Kabupaten Indramayu, Kabupaten Bandung, Kota Tangerang, dan Kabupaten Purwakarta, termasuk juga UPTD Tahura.

Sedangkan delegasi luar negeri seperti Malaysia, China, dan Korea Selatan bakal ikut serta memeriahkan Pawai Kendaraan Hias tersebut.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar), Arief Syaifudin mengatakan saat ini telah terdaftar 85 peserta yang akan mengikuti pawai kendaraan hias.

"Kami masih menunggu data kabupaten kota lainnya yang akan mengikuti pawai kendaraan hias nanti," kata Arief saat Rapat Koordinasi Progress Rangkaian HJKB di Ruang Tengah Balai Kota Bandung, Selasa 27 Agustus 2024.

Baca Juga: Pawai Kendaraan Hias dari 30 Kecamatan Kota Bandung Bakal Meriahkan HJKB 214

Selain itu, kata dia, terdapat tiga negara yang siap untuk mengirimkan delegasi dalam kegiatan Pawai Kendaraan Hias yakni dari Malaysia, China dan Korea Selatan.

"Untuk delegasi luar negeri, kami bersama bagian kerja sama masih menunggu delegasi yang lain. Semoga semakin banyak yang akan ikut," ujarnya.

Secara lengkap 84 peserta tersebut terdiri dari, 60 perangkat daerah, 3 sektor swasta, 3 asosiasi atau komunitas, 3 perguruan tinggi, 4 BUMD, 1 BUMN, 6 Kabupaten Kota dan 4 perbankan.

Baca Juga: Rakor Camat Se-Jabar: Pj Gubernur Dorong Kecamatan Jadi Pusat Penggerak Pembangunan

Arief mengatakan, selain Pawai Kendaraan Hias nantinya juga akan digelar fashion show, bazar kuliner hingga hiburan di Balai Kota Bandung. Berbagai bintang tamu telah dipersiapkan Pemkot Bandung untuk memeriahkan acara tersebut mulai dari Cakra Khan, Kuburan Band, Ega Robot, Plat Merah Band, dan artis lainnya.

Jalur rute Pawai Kendaraan Hias di Kota Bandung pada 15 September 2024 yakni Jalan Diponegoro (Gedung Sate) hingga Jalan Merdeka (Balai Kota Bandung). Dilaksanakan pada pagi hingga sore hari mulai dari jam 07.00 sampai 17.00 WIB.

Sementara itu, Pj Wali Kota Bandung, Bambang Tirtoyuliono berharap Pawai Kendaraan Hias dalam rangka HJKB tahun ini dapat berlangsung meriah dan mendunia.

Bambang juga berharap Pawai Kendaraan Hias bisa mendongkrak angka kunjungan wisatawan ke Kota Bandung dan mewujudkan 'Bandung addict'.

"Kita ingin karnaval ini akan mendunia dan menjadi pemikat wisatawan datang ke Kota Bandung," katanya.

Lihat Berita dan Artikel lainnya di: Google News 

(YI) 

Baca Juga:
-Pemkot Bandung Buka Lowongan CPNS 2024 Batas Usia hingga 40 Tahun, Ini Linknya!

-Pawai Kendaraan Hias 30 Kecamatan di Kota Bandung Bakal Meriahkan HJKB 214

-HASIL KAJIAN: Insentif RT RW dan Posyandu di Kota Bandung Naik hingga 45 Persen