Kota Bandung, Beritainspiratif.com - Gelaran West Java Festival 2024 sukses dilaksanakan secara meriah pada 23-25 Agustus 2024 dalam rangka hari jadi Provinsi Jawa Barat.

Pengunjung yang hadir selama penyelenggaraan acara capai ribuan orang, baik di Gedung Sate maupun GOR Saparua. Mereka larut dalam kebahagiaan kegiatan seperti festival seni budaya, bazzar UMKM dan kuliner, seminar, workshop, job fair, pagelaran wayang golek, hingga pertunjukan konser musik.

Tak hanya kegembiraan dan hiburan, West Java Festival 2024 juga memberikan dampak positif terhadap perputaran ekonomi. Menurut data yang masuk, perputaran ekonomi mencapai Rp 70.113.560.000 dari pendapatan langsung (pemerintah, booth, dan sponsor) serta pengeluaran belanja pengunjung yang hadir di Gedung Sate maupun GOR Saparua.

Baca Juga: West Java Festival, 6 Musisi Papan Atas Hadir di GOR Saparua dan Gedung Sate Bandung

Capaian tersebut tentunya sangat bermanfaat untuk para pelaku UMKM. Selain itu, West Java festival 2024 juga berpengaruh terhadap kenaikan jumlah kunjungan wisatawan ke Jawa Barat.

"Dampak yang diharapkan dari West Java Festival itu salah satunya meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan yang tentu bisa mendorong pergerakan ekonomi masyarakat. Kegiatan ini juga mendorong aktivitas ekonomi dengan menarik investor serta pelaku bisnis," kata Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat Herman Suryatman.

"West Java Festival juga memperkuat identitas budaya dan kebanggaan masyarakat terhadap warisan budaya lokal. Ini sebagai wujud penerapan aksi gerakan nasional Bangga Buatan Indonesia (BBI) dan Bangga Berwisata di Indonesia (BBWI)," tambahnya.

Baca Juga: Pelaku Usaha Pariwisata Dukung Bandara Husein Bandung Beroperasi Kembali

Selama tiga hari pelaksanaan, tercatat ada 78 ribu orang yang turut meramaikan West Java Festival 2024. Dari jumlah tersebut, sekitar 65 ribu orang hadir di Gedung Sate dan 13 ribu orang memeriahkan konser musik di GOR Saparua.

"Melalui event ini, kami harap bisa menjadi rujukan masyarakat untuk mengenal keunggulan sektor pariwisata dan budaya di Jawa Barat. Sekaligus ini juga merupakan bagian dari implementasi kolaborasi Pemprov Jabar untuk masyarakat," ungkap Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat Benny Bachtiar.

"Harapan kami WJF selanjutnya berlangsung lebih meriah lagi. Sebab ini adalah pestanya masyarakat Jawa Barat di hari ulang tahun Provinsi Jawa Barat. Semoga ke depannya WJF menjadi festival berkelanjutan yang mandiri," pungkasnya.

Lihat Berita dan Artikel lainnya di: Google News 

(YI) 

Baca Juga:
-Pemkot Bandung Buka Lowongan CPNS 2024 Batas Usia hingga 40 Tahun, Ini Linknya!

-Pawai Kendaraan Hias 30 Kecamatan di Kota Bandung Bakal Meriahkan HJKB 214

-HASIL KAJIAN: Insentif RT RW dan Posyandu di Kota Bandung Naik hingga 45 Persen