BERITAINSPIRATIF.COM - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memberikan penghargaan berupa tiket sekolah Pendidikan Inspektur Polisi (SIP) tahun 2025 kepada Bripka Rico Hady Saputra, personel Polres Lampung Barat. Rico mendapat penghargaan ini atas keberaniannya menangkap pelaku kejahatan bersenjata api saat sedang menjemput anak sekolah.

Kapolri mengapresiasi tindakan heroik yang dilakukan Bripka Rico, apalagi saat itu ia sedang tidak bertugas. Penghargaan tersebut diberikan melalui Asisten Kapolri Bidang Sumber Daya Manusia (As SDM Kapolri) Irjen Dedi Prasetyo.

Dalam kesempatan itu, Dedi menyampaikan apresiasi Kapolri atas dedikasi Rico yang berani mempertaruhkan nyawanya demi keamanan masyarakat.

“Bapak Kapolri mengucapkan terima kasih atas keberanian dan dedikasi Bripka Rico dalam menjaga kamtibmas. Sebagai bentuk apresiasi, Kapolri memberikan penghargaan berupa Pendidikan Inspektur Polisi tahun 2025,” ungkap Irjen Dedi dalam keterangannya, Rabu (2/10/2024).

Baca Juga: Begini Cara Buat 'Kartu Nikah Digital' untuk Pernikahan Sebelum Tahun 2020

Dedi juga berharap aksi heroik ini bisa menjadi teladan bagi seluruh personel Polri. “Semoga ini menjadi inspirasi bagi anggota Polri lainnya. Bripka Rico telah membuktikan bahwa seorang polisi, di mana pun dan kapan pun, harus siap melindungi dan melayani masyarakat,” lanjutnya.

Aksi penyelamatan yang dilakukan Bripka Rico terjadi di Jalan Baru Panggungan, Gunung Sugih, Lampung Tengah, pada Kamis (26/9/2024). Saat itu, Rico sedang menjemput anaknya dari sekolah bersama istri dan bayinya. Di perjalanan, ia melihat dua pelaku pencurian motor yang baru saja merampas kendaraan milik seorang warga.

Tanpa pikir panjang, Rico segera memutar kendaraannya untuk mengejar pelaku. Bahkan, dalam aksi pengejaran tersebut, pelaku sempat melepaskan tembakan ke arah Rico.

“Pelaku sempat menembakkan satu peluru. Di tengah pengejaran, mereka membuang senjata api ke semak-semak,” cerita Rico.

Akhirnya, pelaku pertama berhasil diamankan setelah terjatuh dari kendaraan yang dicurinya. Tidak berhenti sampai di situ, Bripka Rico terus mengejar pelaku kedua dengan bantuan personel Polsek Gunung Sugih. Pelaku kedua akhirnya tertangkap saat bersembunyi di semak-semak.

Atas keberaniannya, Kapolri memberikan penghargaan khusus kepada Bripka Rico sebagai bentuk apresiasi. Aksi heroiknya menjadi bukti dedikasi tinggi seorang polisi yang selalu siap melindungi masyarakat, bahkan di luar jam dinas.

Lihat Berita dan Artikel lainnya di: Google News 

(YI) 

Baca Juga:
-Inilah PROFIL 4 Pasangan Calon Wali Kota/Wakil Wali Kota Bandung PILKADA 2024

-KENALI, Profil 4 Calon Gubernur/Wakil Gubernur Jawa Barat Pilkada 2024
-Susunan Komisi-Komisi DPRD Kota Bandung Masa Jabatan 2024-2029