BERITAINSPIRATIF.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan memberikan tanda kehormatan Nugraha Sakanti kepada tujuh satuan kerja (satker) Polri atas kontribusi mereka dalam berbagai bidang kepolisian yang bermanfaat bagi bangsa dan negara.

Penganugerahan ini berlangsung bersamaan dengan apel gelar pasukan Operasi Mantap Brata, Senin (14/10/2024), yang merupakan persiapan pengamanan pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka, pada 20 Oktober 2024.

Menurut keterangan SSDM Polri, tujuh satker yang menerima tanda kehormatan Nugraha Sakanti adalah: 

1. Korbrimob Polri

2. Korlantas Polri

3. Bareskrim Polri

4. Densus 88 Antiteror Polri

5. Pusdokkes Polri

6. Baharkam Polri

7. Divisi Hubungan Internasional Polri (Div Hubinter)

Baca Juga: Polri Gelar OPERASI ZEBRA pada 14 - 27 Oktober 2024, Ini Targetnya!

Dedikasi dan Prestasi Satker Polri

– Korbrimob Polri 

Korbrimob menerima penghargaan atas keberhasilannya dalam operasi penanganan kelompok radikal di Poso, Sulawesi Tengah, dan operasi melawan kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Papua.

– Korlantas Polri 

Korlantas dinilai berhasil mengamankan arus mudik tahunan, menyediakan angkutan gratis saat mudik, dan menerapkan inovasi penegakan hukum digital seperti e-TLE untuk menjaga keselamatan dan ketertiban lalu lintas.

– Bareskrim Polri

Bareskrim berhasil mengungkap kasus-kasus transnasional, termasuk operasi ‘Escobar‘ melawan jaringan narkoba Fredy Pratama, pembongkaran laboratorium narkoba, penanganan kejahatan siber, serta pengungkapan tindak pidana kesehatan saat fenomena gagal ginjal akut pada anak. Selain itu, Bareskrim juga menangani kasus illegal logging dan BBM palsu di Jabodetabek.

– Densus 88 Antiteror

Satker ini mendapat penghargaan atas kinerja luar biasa dalam menekan angka terorisme melalui penegakan hukum, pencegahan, dan antisipasi.

– Pusdokkes Polri 

Pusdokkes berperan aktif dalam layanan kesehatan masyarakat, penanganan pandemi COVID-19, dan identifikasi korban bencana. Mereka juga memecahkan rekor layanan kesehatan untuk 10 ribu penyandang disabilitas.

– Baharkam Polri 

Baharkam berkontribusi dalam berbagai sektor, seperti Kampung Tangguh saat pandemi, penindakan illegal fishing dengan potensi kerugian negara Rp 1 triliun, dan pengungkapan kasus narkoba besar di Pelabuhan Bakauheni. Mereka juga aktif menggerakkan pertanian di Papua dan mengasuh anak yatim di NTT.

– Divisi Hubungan Internasional Polri (Div Hubinter)

Div Hubinter berperan dalam misi perdamaian PBB dan memastikan keamanan konferensi internasional seperti G20 dan ASEAN Summit. Satker ini juga berhasil memulangkan buronan Interpol yang bersembunyi di Indonesia.

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengatakan, medali kehormatan ini merupakan bentuk penghormatan kepada Presiden Jokowi atas sumbangsih terhadap Polri. Sehingga Polri lebih optimal dalam melakukan tugas pokok yakni melindungi, melayani masyarakat dan melakukan penegakkan hukum.

“Tentunya ini menjadi semangat-semangat bagi untuk bisa bekerja lebih baik dalam memberikan pengabdian yang terbaik untuk masyarakat bangsa dan negara,” ujar Kapolri di Mako Brimob, Depok.

Lihat Berita dan Artikel lainnya di: Google News 

(YI) 

Baca Juga:
-Inilah PROFIL 4 Pasangan Calon Wali Kota/Wakil Wali Kota Bandung PILKADA 2024

-KENALI, Profil 4 Calon Gubernur/Wakil Gubernur Jawa Barat Pilkada 2024
-Susunan Komisi-Komisi DPRD Kota Bandung Masa Jabatan 2024-2029