Bila Film Kejatuhan Orde Baru Dibuat Koeswali Wakili Wajah Almarhum Soeharto



Beritainspiratif.com - bagi generasi tahun 80 an tentu masih ingat dengan film-film yang mengisahkan tentang perjuangan Soeharto, yakni Film Penumpasan Pengkhianatan G 30 S PKI, Serangan Fajar dan Janur Kuning yang berlatar perjuangan kemerdekaan Indonesia.

Film film tersebut pada September 1998, atau empat bulan setelah jatuhnya Soeharto, Menteri Penerangan Yunus Yosfiah menyatakan kalau ketiga film tersebut tidak akan lagi menjadi bahan tontonan wajib.

 

Alasannya, ketiga film itu adalah usaha untuk memanipulasi sejarah dan menciptakan kultus dengan Soeharto di tengahnya, dikutip dari bintang.com.

Namun dengan pertimbangan kepentingan sejarah dan generasi penerus, mungkin saja masa kejatuhan Soeharto 1998 bisa didokumentasikan dalam bentuk film.

Pembuatan film jatuhnya orde baru tahun 1998 tersebut, tidak kesulitan mencari tokoh dan sosok yang pas, karena sosok Koeswali yang tengah viral tersebut cukup mumpuni untuk direkomendasikan memerankan sosok Soeharto tahun 1998.

Koeswali Somadihardja, demikian nama lengkapnya, adalah sosok dari foto yang viral menyebutnya mirip dengan presiden ke-2 Indonesia, Soeharto.

"Uwa Kus bakal jadi artis," ujar Koeswali menirukan ucapan keponakannya, Rio, yang dikutip dari TribunJakarta.com, di kediamannya di Jalan Permata Pamulang Raya, Bakti Jaya, Setu, Tangerang Selatan, Jumat (1/6/2018).

 

Rupanya kabar mengenai viralnya foto Koeswali sudah menyebar di kalangan keluarga.

Koeswali menceritakan memang sudah ada beberapa orang yang menganggapnya mirip dengan Soeharto.

 

Salah satu yang pertama adalah petugas pom bensin yang kaget saat ia membuka kaca mobil.

"Ada Pak Soeharto," ujar Koeswali menirukan petugas pom bensin yang berteriak kaget hingga membuat teman kerja yang lain ikut menengok ke dalan mobil.

Selain petugas pom bensin, adalah para sopir taksi yang biasa mangkal dekat kompleksnya yang menyadari kemiripannya dengan presiden terlama di Indonesia itu.

"Kalau saya minta sopir taksinya jemput saya, dia balas 'Siap Pak Harto'," ujarnya.

 

Koeswali mengaku tidak keberatan jika disebut mirip dengan Soeharto, pasalnya Koeswali juga kagum dengan sosok almarhum Soeharto.

Akankah Koeswali memerankan sosok Soeharto di era kejatuhan orde baru 1998 sebagaimana film film Soeharto yang pernah diperankan oleh aktor Amoroso Katamsi.

wallahualam...

(Yanis)

Berita Terkait