Antisipasi Terorisme, Kapolres Cirebon Kota Imbau Mall dan Hotel Pasang Metal Detektor



Cirebon, Beritainspiratif.com - Guna mengantisipasi aksi terorisme dan radikalisme,

pengelola hotel dan mall, serta tempat-tempat yang berpotensi didatangi oleh banyak orang, untuk memasang pintu metal detektor (Walk Through Metal Detector). Hal ini disampaikan

Kapolres Cirebon Kota AKBP Roland Ronaldy di Cirebon, Minggu (12/8).

Menurutnya tempat yang ramai dikunjungi orang , , tempat ibadah, kantor polisi dan pos jaga merupakan tempar yang kerap dijadikan target oleh teroris.

"Teroris kerap menyasar di tempat-tempat berkumpulnya banyak orang, selain kantor dan pos polisi," jelasnya saat ditemui awak media usai mengikuti kegiatan Tablig Akbar di Mapolres Cirebon Kota, Jl. Veteran Kota Cirebon, Minggu (12/8).

Untuk itu, Kapolres mengimbau agar memasangnya. Karena, dia menemukan kalau mall-mall, hotel, maupun tempat lainnya di Kota Cirebon sama sekali tidak terpasang metal detektor. Hal tersebut bisa memudahkan aksi terorisme.

"Di Jakarta, mau masuk mall harus diperiksa tasnya dulu. Sedangkan di sini belum ada. Ini yang akan memudahkan teroris untuk memudahkan aksinya," jelas mantan penyidik KPK ini.

Kalau metal detektor ini dipasang, maka menurut Kapolres, si pelaku teror pun akan berpikir ulang untuk melakukan aksinya. Karena, sudah pasti akan ketahuan duluan.

Kapolres pun menjelaskan, alasan tidak adanya metal detektor di tempat-tempat tersebut dikarenakan harganya yang mahal. Padahal, hal tersebut tidaklah bisa menggantikan mahalnya nyawa yang hilang akibat tindakan teroris.

Karena itu, menjelang datangnya momen Asian Games 2018 ini, Polres Cirebon Kota akan meminjamkan pintu metal detektor, khususnya untuk Hotel Aston Cirebon dan Swiss Belhotel di Cirebon Super Blok (CSB), yang akan dijadikan sebagai tempat untuk menginap para atlet dan official.

Pintu metal detektor ini, kata Kapolres, merupakan bantuan dari Direktorat Pengamanan Objek Vital (Dit PAMOVIT) Polda Jawa Barat. Untuk mall juga akan dipinjamkan metal detektor yang berbentuk hand held metal detector.

"Kami akan meminjamkan metal detektor ini selama gelaran Asian Games," pungkasnya.

Yones

Kapolres Cirebon Kota AKBP Roland Ronaldy

Berita Terkait