Gempa Bumi Tektonik 3,6 SR Mengguncang Pangalengan Jawa Barat



Bandung, Beritainspiratif.com -Hari Jumat, 17 Agustus 2018 pada pukul 15:19:04 WIB, wilayah Pangalengan, Jawa Barat diguncang gempa bumi tektonik. Analisis BMKG menunjukkan bahwa gempa bumi berkekuatan M=3,6 SR dengan pusat gempa bumi terletak pada koordinat 7,24 LS – 107,67 BT, tepatnya di darat pada jarak 21 kilometer arah Barat Laut Garut, Jabar pada kedalaman 10 kilometer.

Dampak gempa bumi yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan (shakemap) BMKG dan laporan dari masyarakat, gempa bumi ini dirasakan di sekitar Pangalengan, Jabar dalam skala intensitas I SIG-BMKG (II MMI). Namun hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempa bumi tersebut.

Ditinjau dari lokasi dan kedalaman hiposenternya tampak bahwa gempa bumi yang terjadi merupakan gempa bumi dangkal akibat aktivitas sesar Garsela.

Hingga laporan ini dibuat, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan. Masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan terus mengikuti informasi dari BMKG, karena BMKG akan terus memantau perkembangan gempa tersebut.

Kepala Balai Besar Meteoroligi Klimatologi Dan Geofisika (BMKG) Wilayah II Joko Siswanto S.Sos menghimbau kepada masyarakat yang berada dekat dengan pusat gempa dan merasakan guncangan gempa, dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

(Kaka)

Berita Terkait