Dinkes Cirebon Siap Luncurkan PSC Unit Emergency Cepat Tanggap untuk Penanganan Pertama



Cirebon,Beritainspiratif.com - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Cirebon pada bulan April mendatang rencanaya akan meluncurkan Public Safety Center (PSC). PSC sendiri adalah salah satu program untuk upaya penyelamatan nyawa dan mencegah kecacatan korban.

"PSC sendiri merupakan unit penanganan pertama kasus emergency (kegawatdaruratan) di masyarakat yang menjamin respons cepat tanggap dan tepat," ujar Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Cirebon, Enny Suhaeni, saat dikonfirmasi awak media, Senin (11/3/2019).

Dikatakan Enny, PSC itu nanti akan terkoneksi dengan 60 puskesmas dan rumah sakit yang ada di Kabupaten Cirebon.

“Nanti ada call centre-nya. Ada call tracking yang bisa melacak lokasi. Ketika masyarakat mengakses, bisa tahu lokasinya di mana, dan fasilitas layanan kesehatan mana yang terdekat dengan lokasi kejadian,” jelasnya.

Dikatakannya, fasilitas layanan kesehatan yang terdekat akan dihubungi agar dapat menyiapkan layanan dengan cepat.

“Dihubungi juga supaya responsnya bisa cepat,”ujarnya.

Ditambahkannya, kehadiran PSC bisa bekerjasama dengan lintas SKPD baik di lingkungan Pemerintah Kabupaten Cirebon, rumah sakit dan sektor terkait lainnya.

Pihaknya berharap, kehadiran PSC, setiap jiwa yang ada di Kabupaten Cirebon bisa mendapatkan pelayanan pertolongan.

“Saya harap PSC bisa bersinergi dengan semua pihak dan bisa maksimal dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat,” tukasnya.

(Dekur)

Berita Terkait