Polisi Pastikan Sebagian Ruas Tol Cisumdawu Bisa Digunakan Pada Arus Mudik Balik Lebaran 2019



Bandung, Beritainspiratif.com - Kepolisian Jawa Barat memastikan sebagian ruas Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan ( Cisumdawu) bisa digunakan pada arus mudik dan balik Lebaran 2019.

Hal ini dikatakan Dirlantas Polda Jabar Kombes Pol M. Aris. Ia menerangkan, akses Tol Cisumdawu yang dibuka pada musim mudik Lebaran tahun ini hanya sepanjang 5,5 km di seksi II tepatnya dari wilayah Pamulihan hingga dengan Rancakalong.

"Tidak sepenuhnya Tol Cisumdawu bisa dioperasikan atau diakses kendaraan. Hanya 5,5 Km, itupun hanya sebelah (satu lajur). Penggunaan (sebagian Jalan Tol Cisumdawu) untuk memecah kepadatan kendaraan di Cadas Pangeran," ucap Aris di Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Selasa (28/5/2019) dikutip dari laman kompas.

Meski dibuka, kata Aris, jalur tersebut tak bisa digunakan oleh semua kendaraan khususnya motor lantaran belum lengkapnya fasilitas penunjang. Kecepatan kendaraan di jalur itu pun akan dibatasi.

"Hanya di pasang sedikit ditambah rambu-rambu, hanya kecepatannya terbatas. Jadi paling cepat nanti 40-50 km/jam," ungkapnya.

Sementara itu, Sekda Jabar Iwa Karniwa berharap dibukanya tol Cisumdawu bisa mengurai kepadatan kendaraan khususnya di kawasan Cadas Pangeran, Kabupaten Sumedang.

"Traffic jam nya disitu (Jalan Cadas Pangeran), paling padat lah. Sebagian jalan tol (Cisumdawu) jadi alternatif, yang dari rancakalong ke Sumedang," ujarnya.

Saat ini, kata Iwa, proses peninjauan kesiapan jalur dan kelengkapan jalan masih terus dilakukan secara intensif oleh Dishub Jabar dan pihak kepolisian. Pasalnya, prediksi puncak arus mudik di wilayah itu terjadi pada H-4 lebaran.

"Sekarang masih diperiksa, karena kanharus memperhatikan aspek keselamatan. Tapi sejauh ini bisa dilalui," jelasnya. [*]

Berita Terkait