BRI Miliki Bank Terapung Pertama di Dunia



Labuan Bajo, Beritainspiratif.com - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) punya bank terapung yang diklaim merupakan yang pertama di dunia.

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk rencananya akan menambah kapal layanan bank terapung yang diberi nama Teras Kapal BRI Bahtera Seva, akan hadir di Kepulauan Anambas, Provinsi Kepulauan Riau.

Direktur Utama BRI Suprajarto mengatakan, saat ini ada tiga kapal Bahtera Seva yang beroperasi yaitu di Halmahera, Labuan Bajo, dan Kepulauan Seribu. Tahun ini rencananya BRI menambah di Kepulauan Anambas.

"Nanti pas hari ulang tahun BRI kita launching," ujarnya saat mengunjungi kapal Bahtera Seva 2 di Labuan Bajo, NTT, Kamis (25/7/2019) seperti diungkap Detik Finance.

Dia mengatakan, dari tiga kapal yang beroperasi saat ini, hanya dua yang benar-benar milik perseroan. Sedangkan satu sisanya adalah sewa, yaitu yang berada di Halmahera.

Dikatakan Suprajarto, BRI akan menambah dua kapal berukuran 130 deadweight ton (DWT) untuk menggantikan kapal yang disewa dan juga untuk melayani masyarakat di Kepulauan Anambas.
"Investasinya satu kapal sekitar Rp 21 miliar," ujarnya.
Namun sayangnya, sejak diluncurkan pertama kali di 2015, Suprajarto mengatakan, BRI belum balik modal. Operasional Kapal Bahtera Seva operasionalnya cukup tinggi.

"Kita secara cost belum break even (point) ini. Tapi ini potensinya besar," kata dia.

Direktur Layanan dan Jaringan BRI Osbal Saragih mencontohkan salah satu biaya operasional yang tinggi adalah dari sisi bahan bakar. Mesin kapal menurutnya harus tetap menyala meski kapal sedang bersandar.

"Karena agar satelit kita terus menyala," pungkasnya. (Yanis)

Berita Terkait