Dukung Visi Kota Bandung Agamis, Kiaracondong Luncurkan Kampung Wisata Quran



Bandung,Beritainspiratif.com - Pelaksana harian (Plh) Wali Kota Bandung, Yana Mulyana meresmikan Kampung Wisata Quran di Jalan Babakan Sari Kecamatan Kiaracondong, Kota Bandung, Senin (12/8/2019). Kawasan Kampung Wisata Quran ini merupakan hasil kolaborasi Pemerintah Kota Bandung dengan Syaamil Quran dan Sygma Group.

“Para wisatawan bisa mendapatkan penjelasan bagaimana pembuatan Alquran. Ini juga mendukung salah satu visi Kota Bandung yang agamis,” ujar Yana usai meresmikan Kampung Wisata Alquran.

Selain itu, kampung ini hadir juga sebagai upaya mewujudkan Bandung Agamis. Karena Kecamatan Kiaracondong juga meluncurkan program Lingkungan Cinta Alquran, Kampung Bebas Buta Huruf Alquran dan Hafiz Quran di setiap Kelurahan. 

Yana mengatakan, kampung wisata ini identik dengan destinasi religi dan pusat pembinaan generasi Qurani. Ia beharap pengembangan kreativitas tetap berpijak pada pelestarian sistem hubungan sosial berbasis kearifan lokal. 

“Ini harus menjadi penopang tegaknya visi Bandung yang Unggul, Nyaman, Sejahtera dan Agamis,”ucap Yana.

Ia pun mendorong agar masyarakat mampu mengembangkan potensi agar kepariwisataan terus berkembang khususnya di wilayah Kampung Wisata Alquran.

“Masyarakat bisa memberikan kepuasan bagi wisatawan yang berkunjung dan mampu memanfaatkannya sebaik mungkin,” kata Yana. 

Menurut Yana, konsep wisata seperti ini menjadi pengembangan bahwa tempat wisata bukan hanya di alam saja. Lokasi yang bisa mengedukasi dan memberikan pengalaman dapat menjadi destinasi wisata yang bernilai plus. 

“Ini mampu memberikan ide kreatif guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan ikut berkontribusi bagi perkebangangan industri pariwisata,” jelasnya.

Sementara itu, Camat Kiaracondong, Rina Dewianti mengatakan, konsep wisata tersebut sebagai penyelarasan wisata di Kiaracondong dengan menerapkan wisata Alquran.

“Ini hanya satu bagian dari konsep wisata di Kecamatan Kiaracondong. Nantinya ada kampung wisata keramik, kampung wisata toleransi, dan kampung wisata lainnya. Semua itu, untuk menaikan indeks kebagahagiaan masyarakat sesuai dengan visi misi Kota Bandung,” ujarnya. 

Untuk kampung wisata Alquran, juga lahir dari kolaborasi masyarakat, para pengusaha serta pemerintah. Kolaborasi tersebut di antaranya, penyediaan pengajar dari DKM masjid.

“Insyaallah kampung wisata ini seperti Daarut Tauhid yang berada di Jalan Gegerkalong itu,” harapnya.
(Mugni)

Berita Terkait