Camat Arcamanik dan Seluruh Ketua RW Evaluasi Program PIPPK 2019



Bandung, Beritainspiratif.com – Kecamatan Arcamanik Kota Bandung menggelar pertemuan dengan seluruh Ketua RW yang ada di Wilayah Arcamanik. Rapat dimaksudkan untuk melakukan Evaluasi Program Inovasi Pemberdayaan Pembangunan Kewilayahan (PIPPK) Tahun 2019 dengan tema ‘Monitoring dan Evaluasi PIPPK TA.2019 dan Persiapan TA.2020 Membangun Perencanaan, Inovasi dan Kolaborasi’, berlangsung di Aula Kecamatan Arcamanik Kota Bandung, pada Selasa pagi, (26/11/2019).

Selain Ketua RW, turut hadir Camat Arcamanik Firman Nugraha, Kapolsek Arcamanik Kompol Anang Suanji, Danramil/mewakili, Sekcam Arcamanik, para Lurah di wilayah Arcamanik, Ketua LPM, para Kasie Arcamanik dan Kelurahan dan pejabat lainnya serta narasumber dari Pemkot Bandung.

Acara diawali dengan penyampaian informasi tentang perkembangan situasi Kamtibmas di wilayah Kecamatan Arcamanik yang tetap aman dan kondusif disampaikan Kapolsek Arcamanik Kompol Anang Suanji.

“Polsek Arcamanik senantiasa melakukan antisipasi dengan melakukan patroli pada jam-jam pulang sekolah. Kami mengucapkan terima kasih atas partisipasi dan kerjasama seluruh RW, Kelurahan dan Kecamatan, dalam membantu Polri menjaga keamanan yang ada di wilayah Arcamanik”, ungkap Anang.

Sementara itu, Ketua LPM Arcamanik Aan Sumaedi menyampaikan informasi perkembangan realisasi PIPPK tahun 2019 yang mencapai 98%, sedangkan sisanya akan direalisasikan dengan kegiatan pelatihan, ungkapnya.

Camat Arcamanik Firman Nugraha dalam kesempatan tersebut menyampaikan keberhasilan dan prestasi yang telah diraih sampai periode terakhir di wilayah Kecamatan Arcamanik, diantaranya,

  1. Lomba Teknologi Tepat Guna Juara 1 Tingkat Provinsi Jabar berupa produk lilin dari Kelurahan Sukamiskin
  2. Lomba MTQ Tingkat Kota Bandung, Kafilah Arcamanik berhasil meraih 4 Piala Kejuaraan
  3. PKK dari Cisaranten Endah meraih juara harapan 1 tingkat Kota Bandung dari 151 Kelurahan yang ada.
  4. Kecamatan Arcamanik meraih predikat Mentor pada lomba Ecoffice se Kota Bandung.
  5. Kawasan Tanpa Rokok (KTR) Juara 1 tingkat Kota Bandung.
  6. LPM Juara 1 tingkat Kota Bandung
  7. Posyandu Teratai II Juara 1 tingkat kota Bandung, dan saat ini menunggu kabar gembira untuk lomba tingkat Provinsi.
  8. Kadarkum Sukamiskin di tingkat Provinsi raih juara 3
  9. Lomba Pos Kamling tingkat kota Bandung juara harapan 1 di RW 10 Sukamiskin, dan lainnya.

Terkait realisasi PIPPK tahun 2019 Camat Arcamanik menyampaikan sampai dengan November 2019, realisasi Kecamatan Arcamanik mencapai 85,02%.

Apabila dibagi per kelembagaan realisasi tersebut masing-masing pencapaiannya adalah PIPPK RW 91,44%, PIPPK PKK 83,86%, PIPPK Karta 68,51% dan PIPPK LPM 80,52%.

Sedangkan realisasi per Kelurahan pencapaian tersebut masing-masing adalah Sukamiskin 97,60%, Bina Harapan 80,47%, Cisaranten Kulon 95,01% dan Cisaranten Endah 48,96% .

Diharapkan dengan sisa waktu yang ada di tahun 2019, diharapkan realisasi tersebut bisa mencapai 100%, ujar Firman.

Dalam pertemuan tersebut turut hadir narasumber dari perwakilan Bappelitbang Kota Bandung Heri Casnoto, yang menyampaikan Materi tentang Perencanaan dan Evaluasi Program Kewilayahan (PIPPK).

Disampaikan bahwa ruang lingkup PIPPK RW mengacu kepada Perwal No.034 tahun 2019.

Ditegaskan bahwa Penyediaan anggaran PIPPK RW dimaksudkan untuk meningkatkan tugas, peran, dan fungsi aparat kewilayahan beserta stakeholder Lembaga Kemasyarakatan Kelurahan dalam rangka percepatan pembangunan melalui pengembangan pemberdayaan masyarakat.

Selain itu ditambahkan bahwa tujuannya adalah guna mewujudkan sinergitas kinerja aparatur kewilayahan dan lembaga kemasyarakatan kelurahan yang berbasis pada pemberdayaan masyarakat, tutur Heri.

Narasumber berikutnya adalah dari Bagian Layanan Pengadaan Barang dan Jasa ( si BALAP) Kota Bandung yang disampaikan oleh Yuyu Yulianti dengan materi Sosialisasi Swakelola Tipe IV dengan Kelompok Masyarakat Program PIPPK Kota Bandung.

Dikatakan bahwa tujuan pengadaan dilakukan melalui Swakelola adalah Tidak disediakan oleh pelaku usaha, tidak diminati oleh pelaku usaha, mengoptimalkan sumber daya yang dimiliki, meningkatkan kemampuan teknis SDM, meningkatkan partisipasi masyarakat, meningkatkan efektifitas dan efisiensi serta untuk kebutuhan barang/jasa yang bersifat rahasia, ungkapnya.

Evaluasi PIPPK 2019 ini, juga diisi dengan sesi tanya jawab Ketua RW yang disampaikan kepada Camat Arcamanik dan para narasumber.

Acara dilanjutkan dengan penandatangan berita acara serah terima smartphone Asus bantuan Gubernur Jabar, yang dilakukan oleh Camat Arcamanik bersama Lurah se-Kecamatan Arcamanik.

Smartphone yang diterima oleh para Lurah tersebut, selanjutnya diteruskan kepada Ketua RW se-Kecamatan Arcamanik untuk mendukung “Program Sapa Warga’ Gubernur Jabar.

(Yanis)

Berita Terkait