Pemkot Bandung Segera Bangun Rumah Deret di Tamansari



Bandung, Beritainspiratif.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung akan memulai proses pembangunan rumah deret yang berlokasi di RW 11 Kelurahan Tamansari, Kota Bandung, dan sebagai langkah awal, Pemkot Bandung mengawalinya dengan melakukan pengamanan aset.

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Bandung, Rasdian Setiadi menyatakan bahwa kehadiran petugas di lokasi yakni untuk mengamankan aset Pemkot. Terlebih setelah 'incraht' dari Mahkamah Agung yang memenangkan Pemkot Bandung.

"Sesuai perintah tugas kita dari Walikota Bandung untuk melaksanakan pengamanan dan penertiban aset, karena memang aset ini adalah aset milik pemerintah kota Bandung," kata Rasdian di lokasi, Kamis, (12/12/2019).

Rasdian menuturkan bahwa pengamanan aset ini sudah sesuai dengan prosedur yang berlaku. Bahkan surat pemberitahuan juga sudah dilayangkan beberapa kali kepada warga RW 11 Tamansari.

"Jadi memang ini sepertinya akan cukup lama, kita sudah memberikan surat perintah, surat peringatan kesatu, kedua dan ketiga. Memang waktunya agak lama tapi itu tidak berpengaruh, bahwa suatu saat pemerintah akan melaksanakan pembangunan rumah deret maka memang harus segera diamankan dan ditertibkan," ujarnya.

Guna menjaga kondusifitas selama pengamanan aset, Rasdian menyatakan Pemkot Bandung juga didukung oleh aparat kepolisian dan TNI.

"Kami mengerahkan beberapa personil, satpol PP dan dibantu di backup dari kepolisian dan TNI. Jadi kalau ditotal ada 1.260 personil, sesuai dengan rencana pengamanan yang dibuat oleh Kabagops," jelasnya.

Rasdian berharap proses pengamanan bisa berjalan dengan lancar. Dia menyatakan bahwa pengamanan aset ini sebagai langkah awal Pemkot Bandung untuk memberikan pelayanan kepada 176 warga RW 11 Tamansari yang sudah menunggu untuk kembali menempati rumah deret.

"Jadi kita rencanakan hari ini kita selesaikan karena masyarakat yang 176 kk itu menunggu kepastian dari pemerintah kota kapan akan dibangun rumah deret. Jadi kita juga harus melihat seperti itu, mereka bertanya-tanya kapan akan dibangun," ungkapnya.

Lebih lanjut Rasdian terus mengingatkan kepada seluruh petugas untuk tetap bertindak persuasif. Sekalipun ada oknum yang mencoba memancing emosi pada saat pengamanan, dia menginstruksikan agar anggota Satpol PP tetap bersikap humanis.

"Itu kan biasa kita tetap memberikan pengertian bahwa memang kita harus segera membangun. Karena harus diratakan, bagaimana kalau tidak diratakan, bagaimana mulainya pembangunan kan harus dari awal, disusun sedemikian rupa sehingga tidak mundur lagi. Kasihan warga yang 90% ini mendambakan hunian yang nyaman dan asri," katanya.

(Mugni)

Berita Terkait