Presiden Jokowi Resmikan Tol Balikpapan - Samarinda (Balsam) yang Pertama di Kalimantan



Beritainspiratif.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Tol Balikpapan-Samarinda (Balsam) Seksi II, III, dan IV dari Samboja sampai Samarinda pada Selasa (17/12/2019).

Kepala negara berharap jalan tol ini bisa mempercepat konektivitas menuju kawasan ibu kota baru di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur.

"Ini akan menjadi akses utama masuk ke kawasan ibu kota negara. Saya minta agar pada 2020 jalan menuju ibu kota baru sudah disiapkan antara jalan Tol Balikpapan-Samarinda, dengan jalan tol ini terhubung dua bandar udara di kedua kota," ujar Jokowi dalam peresmian Tol Balsam Seksi II, III, dan IV di Gerbang Tol Samboja.

Kepala negara menyampaikan kehadiran jalan tol ini juga akan memberikan dampak efisiensi pada berbagai sektor. Mulai dari kelogistikan hingga perpindahan masyarakat. "Biasanya Balikpapan-Samarinda sebaliknya membutuhkan waktu 3 jam pulang pergi, nantinya cuma satu jam atau satu jam seperempat lebih sedikit, sehingga nanti efisiensi benar-benar didapatkan," ungkapnya.
Bila akses lebih cepat, ia meyakini dampak pada perekonomian pun akan meningkat. Bahkan, tidak hanya bagi calon kawasan ibu kota negara, namun juga beberapa kota di sekitarnya, yaitu Balikpapan dan Samarinda. Tak hanya itu, kehadiran jalan tol juga akan mendongkrak berbagai sektor industri. Mulai dari kelapa sawit, batu bara, minyak, dan gas bumi.

Tol Balsam memiliki nilai investasi sebesar Rp9,9 triliun yang berasal dari APBN, APBD, dan pinjaman pemerintah China. Tol sepanjang 99,35 kilometer (km) ini terhubung langsung dengan jalan menuju Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman, Sepinggan.

Tol ini terbagi atas lima seksi. Seksi I Balikpapan-Samboja memiliki panjang 22,03 km, Seksi II Samboja-Muara Jawa 30,98 km, dan Seksi III Muara Jawa-Palaran 17,5 km. Kemudian Seksi IV Palaran-Samarinda 17,95 km dan Seksi V Balikpapan-Sepingan 11,09 km.

Seksi I dibangun menggunakan dana APBD Provinsi Kalimantan Timur sebesar Rp1,5 triliun dan APBN Rp271 miliar. Seksi II, III, dan IV dibangun dengan dana Badan Usaha Jalan Tol (BUJT), yaitu PT Jasa Marga Balikpapan-Samarinda.

Baca Juga:Resto-apung-di-kampung-warna-warni-teluk-1000-segera-hadir-di-balikpapan

Sementara Seksi V didanai oleh APBN yang berasal dari pinjaman dari pemerintah China sebesar Rp848,55 miliar. Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menargetkan keseluruhan tol akan rampung sebelum Lebaran 2020.

"Sehingga secara keseluruhan Jalan Tol Balsam ditargetkan akan beroperasi penuh sebelum Lebaran 2020," ungkapnya.

Dalam peresmian jalan tol, Jokowi didampingi Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung.


Yanis

Berita Terkait

  • Ramadhan & Idul Fitri
  • 17 Apr 2024
30 Persen Pemudik Belum Kembali ke Jakarta