Usia 112 Tahun, Kakek Ini Dinobatkan Pria Tertua di Dunia, Inilah Rahasianya!



Beritainspiratif.com - Seorang kakek dari Jepang bernama Chitetsu Watanabe, yang lahir pada 5 Maret 1907 di Niigata, utara Tokyo, secara resmi diberi gelar sebagai pria tertua di dunia.

Ia diberi gelar di salah satu panti jompo di kota itu, demikian dilaporkan Guinness World Records, Rabu 12 Februari yang dilansir Liputan6.com.

Watanabe berasal dari Jepang dan berusia 112 tahun. Ketika ia dinobatkan sebagai pria tertua di dunia, ia mengklaim bahwa tersenyum adalah kunci umur panjang.

Dilansir Channel News Asia, Kamis (13/2/2020), pemegang rekor sebelumnya, Masazo Nonaka yang juga orang Jepang, meninggal bulan lalu dalam umurnya ke 112 tahun, 266 hari.

Kunci Umur Panjang

Watanabe, yang sudah menikah dan memiliki lima anak, mengatakan rahasia umur panjangnya adalah "tidak marah dan tetap tersenyum di wajah Anda."

Namun di sisi lain, dia juga mengakui bahwa ia gemar dengan sesuatu yang manis seperti puding custard yang memang tampaknya tidak membahayakan kesehatannya.

Tak hanya pria tertua, wanita tertua juga berasal dari Jepang. Ia bernama Kane Tanaka, berusia 117 tahun.

Harapan Hidup Tertinggi di Dunia

Jepang memang memiliki salah satu harapan hidup tertinggi di dunia dan telah menjadi rumah bagi beberapa orang yang diakui sebagai manusia tertua yang pernah hidup.

Salah satunya adalah Jiroemon Kimura, pria paling lama yang pernah hidup dan meninggal segera setelah ulang tahunnya yang ke-116 pada Juni 2013.

Selain Jepang, ada pula orang tertua dari negara Prancis, bernama Jeanne Louise Calment. Ia meninggal pada 1997 di usia 122, demikian menurut Guinness.***

Berita Terkait