Siswa Kelas 6 SD yang Hafal Al Quran Bebas Memilih SMP Negeri



Blitar, Beritainspiratif.com – Dinas Pendidikan (Disdik) Pemkot Blitar mengeluarkan kebijakan,  bagi Pelajar kelas 6 SD yang hapal Al Quran, meski 1 juz mendapat prioritas masuk ke SMP Negeri yang diinginkan. Mulai hari ini mereka bisa mendaftar melalui jalur prestasi.

Kebijakan yang disosialisasikan ke berbagai media tersebut tertuang dalam surat edaran nomor 420/250/410.110/2020 perihal Pedoman Pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun pelajaran 2020/2021.

Dalam surat itu di point ke 5 diatur, setiap satuan pendidikan diminta memberikan prioritas kepada pelajar yang memiliki prestasi dalam bidang keagamaan. Untuk pelajar yang beragama Islam, bagi siswa yang hafal Al Quran (Hafiz) minimal 1 juz.

Sedangkan untuk pelajar yang beragama lain, bisa menyesuaikan dengan standart kompetensi yang terukur dan akuntabel. Dibuktikan sertifikat dari lembaga yang kompeten, dengan tetap memperhatikan pagu pelajar yang tersedia. Karena 90 persen pelajar kelas 6 SD di Blitar beragama Islam, dan sisanya beragama lain.

"Jadi silahkan segera didaftarkan melalui jalur prestasi murid-muridnya atau putra putrinya yang hafal Al Quran walaupun hanya 1 Juz mulai hari ini ," kata Plt Kepala Dindik Pemkot Blitar, Priyo Suhartono seperti yang dilansir detikcom Jumat, (14/2/2020).

Sistem PPDB tahun ini, lanjutnya, mengalami beberapa perubahan prosentase. Jika tahun lalu, ada tiga jalur, yakni melalui jalur zonasi 90 persen, jalur prestasi 5 persen dan jalur perpindahan tugas orang tua (PTO) 5 persen.

Maka tahun ini berubah, menjadi jalur zonasi 70 persen, jalur prestasi 10 persen, jalur PTO 5 persen dan jalur afirmasi untuk warga miskin 15 persen. Di jalur prestasi ini, selain prestasi di bidang agama juga prestasi di bidang akademik dan non akademik.

"Untuk menjamin PPDB jalur prestasi ini obyektif, transparan dan tidak diskriminatif, maka kami minta satuan pendidikan wajib membuat pedoman mekanisme, tata cara menyesuaikan dengan program unggulan masing-masing sekolah. Dan bisa diselaraskan dengan strategi dan sasaran siswa berprestasi yang akan dijaring," tandasnya.

Priyo menambahkan, saat ini terdapat sebanyak 9 SMPN di Kota Blitar. Jumlah pagu pelajar baru SMPN tahun 2020 ini sebanyak 2.560. Sedangkan jumlah pelajar SD kelas 6 di Kota Blitar, saat ini sebanyak 2.216. *()

Yanis

Berita Terkait

  • Ramadhan & Idul Fitri
  • 17 Apr 2024
30 Persen Pemudik Belum Kembali ke Jakarta