Claus Wamafma Putra Papua Pertama yang Ditunjuk Jadi Direktur PT Freeport Indonesia



Jakarta, Beritainspiratif.com - Menteri BUMN Erick Thohir mengangkat Claus Wamafma menjadi Direktur PT Freeport Indonesia. Claus bukan sosok asing dalam perusahaan tersebut.

Dari informasi yang dihimpun dari linkedin, dia sebelumnya menjabat sebagai Senior Vice President (SVP) membawahi CSR (Corporate Social Responsibility), partnership fund serta community development.

Sebelum menjadi Senior Vice President (SVP), Claus juga pernah menjabat sebagai Pengawas Umum Pergudangan sejak 2008 hingga 2011 serta Manajer Pergudangan pada Juli 2011 hingga ditetapkan menjadi SVP.

PT. Freeport Indonesia

Dari sisi pendidikan, Claus menempuh pendidikan di SMA 2 Jayapura. Kemudian melanjutkan untuk menggapai gelar sarjana pada 1998 dan master di Institut Teknologi Bandung (ITB) pada 2009.

Penunjukkan Claus sebagai direktur dilakukan pada Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) PT Freeport Indonesia di Kementerian BUMN pada 7 Februari 2020. Memang, ada kekosongan kursi di tubuh Freeport sejak ditinggalkan oleh sejumlah direksi dan komisaris.

"Claus ini dia putra Papua yang sudah berkarier di Freeport selama 20 tahun," ujar Arya di Kementerian BUMN, Senin (17/02/2020). 

Lebih lanjut, Arya menyatakan dari 7.096 pegawai di Freeport, 2.890nya ialah orang Papua, atau sekitar 40,7 persen.

Yanis

Sumber: Merdeka.com

Berita Terkait

  • Ramadhan & Idul Fitri
  • 17 Apr 2024
30 Persen Pemudik Belum Kembali ke Jakarta