100 Wastafel Portabel Bantuan dari Donatur di Tempatkan di Pasar Depok dan Bekasi



Bandung, Beritainspiratif.com - Gubernur Jawa Barat (Jabar) sekaligus Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan COVID-19 Jabar Ridwan Kamil didampingi Ketua Umum Jabar Bergerak Atalia Ridwan Kamil, secara simbolis melepas pendistribusian wastafel portabel di Gedung Pakuan, Kota Bandung, Kamis (28/5/2020).

Wastafel portabel sebanyak 100 unit merupakan donasi dari Bank Rakyat Indonesia (BRI) Kantor Wilayah (Kanwil) Bandung. Wastafel tersebut akan ditempatkan di pasar-pasar tradisional di Kota Depok dan Kabupaten Bekasi, untuk menekan angka penularan COVID-19 di wilayah tersebut.

Emil --sapaan Ridwan Kamil-- berujar, wastafel portabel memiliki peran penting, dalam upaya pencegahan penyebaran virus SARS-CoV-2 penyebab COVID-19.

Apalagi, belum ada vaksin atau obat untuk COVID-19 sehingga perlawanan terbaik adalah melalui pencegahan penularan, dengan kebiasaan cuci tangan pakai sabun, menjaga jarak, dan selalu memakai masker saat beraktivitas di luar rumah.

“Perlawanan kita hanya dengan pencegahan. Itulah kenapa ada PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar), ada jaga jarak, pakai masker, dan lain sebagainya. Hanya modal itu yang bisa kita lakukan,” tutur Emil.

Hingga obat dan vaksin COVID-19 ditemukan, kata Emil masyarakat akan beradaptasi dengan kebiasaan baru (new normal). Di Jabar sendiri, lanjut dia new normal akan mulai diberlakukan pada 1 Juni mendatang.

“Mudah-mudahan sampai nanti obatnya ditemukan, memang hidup kita akan tidak nyaman. Mencoba normal tapi dengan segala ketidaknyamanan, jaga jarak, tidak salaman, tidak pelukan, kalau ke mall harus pakai sarung tangan, dan lain sebagainya, itu yang akan menjadi sebuah normal baru,” ucap Emil.

Selain 100 unit wastafel portable dari BRI Kanwil Bandung, Pemerintah Daerah Provinsi Jabar melalui Jabar Bergerak juga menerima bantuan berupa 6.950 masker non medis dan 100 baju hazmat dari Yayasan Panatik Jabar dan Yayasan Cinta Anak Bangsa.

(Ida)

Berita Terkait