Tim Saber Pungli Jabar Bakal Awasi Pelaksanaan PPDB 2020



Bandung, Beritainspiratif.com - Tim Saber Pungli Jawa Barat mengawasi pelaksanaan penerimaan peserta didik baru (PPDB) online tahun 2020 yang masih berjalan. Termasuk diantaranya memantau penerimaan peserta didik di jalur zonasi, prestasi dan lainnya.

Baca Juga:Walikota Bandung Resmikan Kampung Tangguh

Sekretaris II Saber Pungli Jawa Barat, Rusman memastikan akan melakukan pengawasan terhadap jalur-jalur penerimaan peserta didik baru. Ia mengatakan sudah melakukan sosialisasi ke sekolah-sekolah di Jawa Barat seperti di Tasikmalaya, Karawang dan Purwakarta.

"Di dalam penelitian kita ada 30 jenis pungutan berpotensi pungli di (sektor) pendidikan, salah satunya PPDB," ujar Rusman di Balai Kota Bandung Jalan Wastukencana, Selasa (16/6/2020).

Menurutnya, PPDB yang berjalan saat ini rawan terjadi pungli. Oleh karena itu, pihaknya terus melakukan sosialisasi kepada sekolah-sekolah.

"Saber Pungli bekerja dua hal (masalah) yang melawan pidana atau disiplin pegawai,"jelasnya.

Baca Juga:Walikota Bandung Sebut Tidak Ada Titipan PPDB 2020

Terkait permasalahan surat rekomendasi yang dibuat anggota DPRD Jawa Barat kepada kepala sekolah agar menerima salah seorang siswa. Ia menegaskan tidak ada kebijakan rekomendasi atau apapun di dalam penerimaan peserta didik baru di sekolah.

Sementara itu, Ketua Saber Pungli Jabar, Kombes Pol Syahri Gunawan mengatakan, sektor pelayanan publik merupakan salah satu yang rawan dengan pungli. Oleh karena itu, pihaknya terus melakukan upaya pencegahan agar tidak terjadi.

Pihaknya mengatakan, sejauh ini di Kota Bandung belum menemukan kasus praktik pungli.

"Sejauh ini belum ada di Kota Bandung, di Provinsi ada,"pungkasnya.

(Mugni)

Berita Terkait