Walikota Bandung Apresiasi Kelurahan Citarum Canangkan 'Lembur Tohaga Lodaya'



Bandung, Beritainspiratif.com - Pemerintah Kota Bandung bersama Polrestabes Bandung kembali berkolaborasi melalui Kampung Tangguh, kali ini hadir di kelurahan Citarum dengan diberi nama, Lembur Tohaga Lodaya.

Hal itu dilakukan sebagai upaya membangun ketahanan pangan. Terlebih di masa pandemi Covid-19 yang juga berdampak pada ketahanan sosial di masyarakat.

Baca Juga:Bus-akdp-dan-akap-di-terminal-leuwipanjang-alami-lonjakan-penumpang

Wali Kota Bandung Oded M. Danial mengapresiasi Kelurahan Citarum, Kecamatan Bandung Wetan yang dicanangkan sebagai Lembur Tohaga Lodaya. Pencanangan yang ke-19 di Kota Bandung ini dilaksanakan di Jalan Geusan Ulun Kecamatan Bandung Wetan Selasa (30/6/2020).

Lembur Tohaga Lodaya ini ditandai dengan ketersediaan lumbung kelurahan yang siap dipergunakan dalam keadaan darurat pangan. Dengan begitu, warga bisa lebih siaga dalam menghadapi berbagai situasi krisis.

Selain itu, di kawasan pertokoan yang bercampur dengan rumah-rumah tinggal ini juga memiliki lebih banyak tempat cuci tangan di berbagai sudut. Bahkan, warga juga menyediakan sarana cuci tangan khusus untuk difabel, dengan sensor otomatis yang bisa mengeluarkan sabun dan air tanpa perlu disentuh.

Baca Juga:Ketua-dprd-apresiasi-pemprov-jabar-raih-opini-wtp-dari-bpk-ri-ke-9-kalinya

Tak hanya itu, pihak kelurahan juga menyediakan mobil “Wawasuh” yang akan berkeliling untuk menyediakan sarana cuci tangan dan memberi edukasi tentang bagaimana mencuci tangan yang baik.

Di kawasan ini warga secara swadaya juga menyediakan tempat karantina mandiri untuk para tenaga kesehatan yang merawat pasien Covid-19. Tempat karantina tersebut berada di Hotel Karmila dan Grha Atma.

Menurutnya, keberadaan Lembur Tohaga Lodaya juga menjadi wujud kekompakkan warga dengan para jajaran pimpinan di kewilayahan. Persatuan semacam inilah yang terus mendorong Kota Bandung mampu menghadapi berbagai situasi krisis saat ini. 

“Dengan kokohnya persatuan di kewilayahan, itu artinya sudah membantu Mang Oded. Mang Oded kaki cuma dua, tangan cuma dua, tidak mungkin terdatangi semuanya,”ungkapnya. 

Baca Juga:120-ribu-pengaduan-yang-masuk-ke-hotline-pikobar-mayoritas-soal-bansos

Sementara itu, Kapolrestabes Bandung, Kombes Pol Ulung Sampurna Jaya mengatakan, Lembur Tohaga Lodaya merupakan program kolaborasi terlebih di masa pandemi Covid-19 yang juga berdampak pada ketahanan sosial di masyarakat.

“Dengan adanya kampung tangguh ini, mudah-mudahan ini bagian dari upaya optimal kita untuk merespon penyebaran Covid-19 ini,”ucapnya.

Pihaknya juga mendukung penuh  kelurahan Citarum juga menyandang status sebagai Kampung Tertib Lalu Lintas dan Kampung Taat Pajak karena turut berkontribusi besar bagi Pendapatan Asli Daerah (PAD).

(Mugni)

Berita Terkait

  • Ramadhan & Idul Fitri
  • 17 Apr 2024
30 Persen Pemudik Belum Kembali ke Jakarta