Hari Peduli Sampah, Pertamina RU VI dan Masyarakat Beri Nilai Tambah dari Sampah



Indramayu, Beritainspiratif.com – PT Pertamina (Persero) Refinery Unit (RU) VI Balongan memperingati Hari Peduli Sampah Nasional 2018 pada Kamis (15/3) di Kantor Pertamina RU VI, Balongan, Indramayu.

 

Pada kesempatan itu, Pertamina RU VI menginisiasi untuk mengurangi timbunan sampah domestik dengan mengedepankan prinsip 3R (Redjuse, Reuse, dan Recycle).

 

" Gerakan yang bertema 'Let’s Go Green Together' ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan kepedulian kolektif serta membangun optimisme bersama kepada insan Pertamina untuk mewujudkan kerja bersama dalam pengelolaan sampah yang baik dan berkelanjutan,” ungkap General Manager Pertamina RU VI, Joko Widi Wijayanto.

 

Tahun ini, Pertamina RU VI menginisiasi program 'Shredded Paper Recycle' dengan cara mendaur ulang sampah-sampah kertas perkantoran menjadi produk yang memiliki manfaat diantaranya adalah map, amplop, dan goodie bag yang digunakan kembali di internal Pertamina.

 

Joko menuturkan bahwa gerakan peduli sampah ini diawali dengan pemanfaatan hasil potongan rumput (sampah organik) yang berada di wilayah Pertamina RU VI untuk diolah menjadi pupuk kompos melalui program From Garbage To Garden yang sudah berjalan selama tiga tahun.

 

“Program lainnya adalah Snack Corner Program dimana Pertamina RU VI menginisiasi penggunaan piring kertas/kaca untuk menggantikan snack box pada acara tertentu di wilayah Pertamina RU VI Balongan.

 

Hal tersebut untuk mengurangi timbunan sampah kertas,” imbuh Joko.

“Sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan masyarakat sekitar dalam upaya memberdayakan, program Shredded Paper Recycle ini dikerjasamakan dengan kelompok pemuda kreatif Indramayu sebagai pendaur ulang sampah kertas,” ujarnya.

 

Disebutkan,  selain mengolah sampah domestik, sampah seperti botol, kardus, dan bahan lainnya yang memiliki nilai jual turut dikelola melalui kerja sama dengan Kelompok Bank Sampah binaan Pertamina yang terdapat di 3 Desa di Balongan, Indramayu yaitu Desa Majakerta, Desa Balongan, dan Desa Sukareja.

 

Program tersebut bertujuan untuk turut membangun kepedulian masyarakat agar tetap berkomitmen dalam menjaga lingkungan sekitar, salah satunya melalui Program Bank Sampah Berbasis Masyarakat yang merupakan program Corporate Social Responsibility (CSR) Pertamina.

 

“Kami berharap keberadaan kami dapat memiliki dampak positif bagi masyarakat dan lingkungan sekitar wilayah operasi kami,” tambahnya. (Yones)

Berita Terkait