Tahun 2021, Pemerintah Targetkan Swasembada Garam



Cirebon, Beritainspiratif.com - Pemerintah akan membuka lahan tambak garam baru sekitar 10 ribu hektar di Indonesia Timur. Pembukaan lahan tambak garam baru ini diharapkan dapat membawa Indonesia mencapai target swasembada garam pada tahun 2021.

Hal ini diungkapkan Deputi Bidang Koordinasi Sumber Daya Alam dan Jasa Kemaritiman, Kemenko Kemaritiman, Agung Kuswandono dalam Focus Group Discussion di Cirebon, Selasa (20/3).

" Pemerintah menargetkan swasembada garam pada tahun 2021 dan untuk mencapai hal tersebut, saat ini pemerintah sedang membuka lahan-lahan baru untuk pembuatan garam," kata Agung.

Ia menyebutkan beberapa kabupaten di NTT sudah dibuat perluasan lahan baru untuk produksi garam. Dari pembukaan lahan baru tersebut pemerintah menargetkan bisa menghasilkan garam 100 ribu hingga 120ribu ton, per hektare pertahun.

" Sejumlah wilayah yang sudah dibuat perluasan lahan baru produksi garam, terdapat diwilayah NTT, seperti di Kupang, Timor Tengah Utara, Timor Tengah Selatan, Ende, Malaka dan lainnya," kata Agung.

" Kita menargetkan pembukaan lahan baru tambak garam ini bisa menghasilkan 100ribu hingga 120ribu ton, per hektare pertahunnya," sambungnya.

Agung menambahkan, pihaknya akan menargetkan tambahan lahan produksi garam baru, hingga mencapai 40 ribu hektare. Selain swasembada garam, pemerintah juga menargetkan bisa melakukan ekspor garam pada tahun 2021.(Yones)

Berita Terkait

  • Ramadhan & Idul Fitri
  • 17 Apr 2024
30 Persen Pemudik Belum Kembali ke Jakarta