Al Samaha, Mewakili Kekuatan Wanita Mesir



Beritainspiratif.com - Ditempati sekitar 303 ibu tunggal, desa ini terletak di tengah gurun di Edfu, dua jam perjalanan dari Aswan.

Dengan ratusan rumah, sebagian besar penduduknya terpinggirkan oleh masyarakat setelah musibah kematian atau perceraian mereka.

Al Samaha, adalah satu-satunya desa yang didedikasikan untuk para wanita khususnya para janda, ibu tunggal dan anak-anak. Kota ini terletak sekitar 120 kilometer dari kota Mesir Selatan.

Pria tidak diijinkan memasuki desa. Jika ada wanita di desa yang sudah menikah, mereka akan disarankan keluar dari Al Samaha, tulis Al Arabiya English, Ahad (28/01/).

Seperti ditulis pada Hidayatullah.com , pada tahun 1998 Kementrian Pertanian Mesir mengembangkan sebuah proyek desa kepada para ibu tunggal dengan menyediakan lahan yang memungkinkan mereka memelihara unggas dan ternak sebagai sumber pendapatan.

Koordinator proyek Hamdi Al-Kashef mengatakan, hanya perempuan dan anak-anak yang boleh tinggal di desa ini.

Semua keluarga ini dilengkapi dengan perabotan dan keperluan pertanian serta beberapa pinjaman jangka pendek.

Pembangunan rumah bertingkat didanai melalui subsidi pemerintah dan warganya diperbolehkan melakukan pembayaran secara berangsur.

Hamdi mengatakan, bila ada yang menikah, semua tanah dan rumah akan dikembalikan kepada pemerintah untuk diserahkan ke ibu tunggal lain yang membutuhkan.

"Proyek ini bertujuan untuk menjaga masa depan orang-orang yang kehilangan keluarga mereka dan untuk mendukung perempuan yang sekarang menjadi satu-satunya harapan anak-anak mereka, " kata Hamdi.

Ketua Asosiasi Wanita Selatan di Aswan, Safinaz Ibrahim mengatakan bahwa desa tersebut mewakili kekuatan wanita Mesir yang mampu menanggung beban tugas berat.

(Kaka)

Berita Terkait