Masyarakat Kelurahan Sukamiskin Salurkan Bantuan Longsor Cimanggung



Sumedang, Beritainspiratif.com - Bencana tanah longsor dan banjir yang melanda Desa Cihanjuang, Kecamatan Cimanggung Kabupaten Sumedang, Jawa Barat pada Sabtu 9 Januari 2021 telah menelan puluhan korban jiwa meninggal dunia, kehilangan tempat tinggal dan berada di rumah penampungan, telah mengetuk hati dan kepedulian masyarakat di Kelurahan Sukamiskin Kota Bandung.

Melalui Posko yang dibuka spontanitas di Kelurahan Sukamiskin, beberapa minggu kemudian telah berhasil mengumpulkan bantuan yang cukup untuk disalurkan.

Jelang Keberangkatan dari Kelurahan Sukamiskin

Baca Juga:Bpjt-gandeng-ugm-pantau-kerusakan-jalan-tol-lewat-teknologi-ai

Dipantau langsung Beritainspiratif.com pada pagi hari ini pukul 08.00 WIB, Sabtu (23/1/2021) Lurah Sukamiskin Farida Agustini beserta rombongan panitia bantuan kemanusiaan berangkat menuju lokasi korban banjir dan longsor Cimanggung Sumedang, untuk menyerahkan bantuan.

Jelang keberangkatan dari Kantor Kelurahan Sukamiskin, Lurah Sukamiskin menyampaikan bahwa pagi ini kita berangkat menuju lokasi untuk menyerahkan bantuan yang telah dihimpun dari spontanitas melalui unsur Kelurahan dan masyarakat sekitar.

“Ada yang melalui  Forum RW, PKK, BKM, LPM, KIM, Karang Taruna, Bhabinkamtibmas, babinsa, Linmas serta masyarakat Kelurahan Sukamiskin,” ujarnya.

Lurah Sukamiskin menyerahkan bantuan kepada Kades Cihanjuang

Tonton: Video Penyerahan Bantuan ke Korban Longsor Cimanggung

Farida mengatakan bahwa bantuan ini sudah dikoordinasikan dengan Kepala Desa Cihanjuang Kecamatan Cimanggung Sumedang, sesuai kebutuhan.

“Kami membawa sembako, selimut, bantal, handuk, makanan bayi, susu, obat-obatan dan lain sebagainya serta uang tunai,” ungkap Farida.

Ditambahkan Lurah Sukamiskin Farida Agustini bahwa Camat Arcamanik Firman Nugraha berkenan hadir pada penyerahan bantuan ini dan nanti ketemu di lokasi.

“Iya, nanti pak Camat akan hadir di lokasi, karena beliau rumah nya satu arah kesana,” tegas Farida.   

Dari PKK Kecamatan/Kelurahan diserahkan oleh Ibu Firman Nugraha

Setelah menempuh perjalanan 1,5 jam lebih dari Kota Bandung, rombongan tiba di Balai Desa Cihanjuang Kec. Cimanggung Kabupaten Sumedang dengan disambut oleh Kepala Desa Cihanjuang Yuyus  beserta unsur desa lainnya.

Sebelum penurunan bantuan dari kendaraan, terlebih dahulu dilakukan penyerahan simbolis mulai dari Camat Arcamanik hingga Forum RW Sukamiskin.

Dari Forum RW Kelurahan Sukamiskin oleh Erick

Penyerahan simbolis kepada Kepala Desa Cihanjuang Yuyus diawali dengan penyerahan oleh Camat Arcamanik Firman Nugraha, Lurah Sukamiskin Farida Agustini, Ketua PKK Kecamatan Arcamanik Ibu Firman Nugraha, PKK Kelurahan Sukamiskin, Ketua BKM Bambang, Ketua Forum RW Erick.

Dalam simbolis penyerahan bantuan tersebut Camat Arcamanik Firman Nugraha mengharapkan semoga bantuan ini dapat meringankan para korban.

“Ini titip pak Kades, untuk bantuan penanggulangan bencana disini, semoga dapat meringankan para korban disini,” ungkap Firman.

Dari Ketua BKM disampaikan Bambang

Ditambahkan Lurah Sukamiskin Farida Agustini, semoga dengan bantuan ini, bencana akan cepat berakhir.

“Pak Kades ini buat warga sekitar yang terdampak musibah, semoga musibah ini cepat berakhir,” ujar Farida.

Sementara Ketua BKM Bambang menyampaikan secara simbolis dari BKM Sukamiskin dan Forum Kecamatan Arcamanik.

“Pak Kades, ini mohon diterima titipan dari BKM Sukamiskin dan Kecamatan Arcamanik serta Forum Kecamatan Sehat Arcamanik,” ujarnya.

Usai simbolis penyerahan yang diterima langsung Kepala Desa Cihanjuang , Yuyus mengungkapkan rasa terima kasihnya.

 “Terimakasih kepada Camat Arcamanik, Lurah Sukamiskin beserta seluruh unsur kelurahan beserta jajaran serta masyarakatnya,  semoga apa yang telah dititipkan ini dapat meringankan para korban dan keluarga,”

“Semoga kebaikan bapak/ibu sekalian mendapat balasan dari Allah SWT dan musibah ini dapat diselesaikan secepatnya,” pungkasnya.

Penurunan bantuan

Usai penyerahan dilanjutkan dengan penurunan bantuan yang dilakukan secara estafet.

Yanis

Baca Juga:

Berita Terkait