Ridwan Kamil Pamer Mobil Polisi Pertama di Indonesia Gunakan Listrik



Bandung, Beritainspiratif.com – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil memamerkan mobil polisi pertama di Indonesia yang menggunakan listrik. Foto tersebut diunggah dalam akun media social pribadi facebook @ridwan kamil Minggu, (7/2/2021).

Dalam foto tersebut tampak Ridwan Kamil berdiri bersandar dibagian samping depan kendaraan patroli PJR sambil mengacung kedua jempol tangannya.

Sementara dibagian tengah kendaraan patroli tersebut dengan mengambil jarak tampak berdiri petugas polantas Polda Jabar yang juga mengacungkan kedua jempolnya.

Dalam akun media sosial @ridwan kamil ditulis bahwa ini merupakan mobil polisi pertama di Indonesia yang menggunakan listrik.

“Ini mobil polisi pertama di Indonesia yang menggunakan mobil listrik. Mobil patwal yang bertugas di kantor Gubernur Jawa Barat,” tulis Emil.

Baca Juga:Banjir Warna Merah di Pekalongan Peristiwa Langka, Ini Sebabnya !

Kang Emil (sapaan akrab) juga menulis bahwa kendaraan listrik ini tidak menimbulkan polusi dan hemat BBM.

“Selain tidak merilis polusi dan kebisingan ke udara, Alhamdulillah banyak sekali menghemat biaya dan anggaran bulanan dibandingkan kendaraan bensin,” sebut Emil.

Emil juga mengajak perlahan menuju hidup ramah lingkungan.

“Mari perlahan menuju gaya hidup ramah lingkungan dan ramah penghasilan,” pungkasnya.

Unggahan ini mendapatkan komentar dari berbagai netizen dan kalangan. Dilihat Beritainspiratif.com Minggu (7/2/2021) hingga pukul 10.39 WIB mendapatkan 13 ribu like, 1,5 ribu komentar dan 310 kali dibagikan.

Sebelumnya Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil dan Presiden  Direktur PT Hyundai Motors Indonesia Sung Jong Ha secara resmi telah melakukan serah terima tiga mobil listrik di Gedung Pakuan, Kota Bandung, Selasa (29/12/2020) lalu.

Dengan adanya serah terima ini, Jabar pun menjadi provinsi pertama di Indonesia yang memiliki kendaraan operasional kedinasan berupa mobil listrik. 

Dalam keterangan resmi Humas Jabar juga dijelaskan bahwa, dua unit mobil akan digunakan sebagai kendaraan operasional kedinasan dirinya sebagai Gubernur Jabar dan Wakil Gubernur Uu Ruzhanul Ulum. Satu unit lainnya akan digunakan untuk operasional polisi patwal gubernur. 

Pesan Via Go Food Klik: Paket Ayam Goreng Serundeng ‘Futsal’ Kota Bandung

Ia menambahkan, Pemerintah Daerah (Pemda) Provinsi Jabar secara bertahap akan mengalihkan seluruh kendaraan-kendaraan dinas menjadi mobil listrik. 

"Dan kami jadi provinsi pertama, pemerintah daerah pertama yang secara resmi mengalihkan kebijakan kendaraan konvensional ke kendaraan listrik,” ucap Kang Emil. 

Untuk dipahami, Kang Emil berujar bahwa efisiensi biaya menjadi salah satu alasan pihaknya memutuskan untuk mengalihkan kendaraan operasional kedinasan ke mobil listrik. Dengan mobil listrik, Pemda Provinsi

Jabar bisa menghemat pengeluaran anggaran biaya BBM hingga satu per limanya. 

“Penghematan biaya (dengan mobil listrik) luar biasa. Untuk 300 kilometer menggunakan BBM itu bisa Rp300 ribu, tapi kalau dengan kendaraan listrik ini cukup sekitar Rp50 ribuan kalau dikonversi ke biaya,” ujar Emil. 

Yanis

Baca Juga:

Berita Terkait

  • Ramadhan & Idul Fitri
  • 17 Apr 2024
30 Persen Pemudik Belum Kembali ke Jakarta