Wakil Walikota Bandung Apresiasi UMKM Lilin Kreatif RW 17 Sukamiskin



Bandung, Beritainspiratif.com - Pemkot Bandung terus memberikan perhatian dan mengapresiasi yang telah dilakukan oleh para pelaku usaha dan dukungan kewilayahan, terlebih di masa pandemi Covid-19.

Masyarakat pun terus didorong untuk berinovasi mengembangkan potensinya di masa pandemi Covid-19, melalui inovasi masyarakat melalui usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

Hal tersebut terungkap saat Beritainspiratif.com dikonfirmasi langsung melalui seluler oleh Ketua RW 17 Muaf, kunjungan Wakil Walikota Bandung Yana Mulyana ke UMKM Lilin Kreatif di store java candle art  yang pertama di Kota Bandung yang berlokasi di wilayah RW 17 Sarimas Kelurahan Sukamiskin, Kecamatan Arcamanik Kota Bandung, Selasa (16/2/2021).   

Baca Juga: Inilah Profil Tiga Dewan Pengawas LPI dari Kalangan Profesional

Wakil walikota Yana Mulyana yang diterima langsung Randy selaku Owner Java Cadle, juga didampingi Camat Arcamanik Firman Nugraha, Lurah Sukamiskin Farida Agustini, Penasehat RW 17 Sarimas Kuswara S Taryono yang juga Komisaris Persib Bandung serta Muaf, Ketua RW 17 Sarimas Sukamiskin.  

Dalam kunjungan tersebut Kang Yana (panggilan akrab,red) sangat mengapresiasi dan mendukung UMKM Produk Lilin ini dan bisa dijadikan cinderamata di pemerintahan Kota Bandung, yang terungkap dari perbincangan tersebut.

“Usulkan buat miniatur balaikota dan gedung sate dari lilin untuk souvenir tamu pemda dan souvenir untuk kunjungan ke luar Bandung,” katanya.

“Sekalian bantu umkm biar dapat tumbuh dan bertahan di masa pandemi ini, serta dirintis dengan krisna pusat oleh oleh dari Bali,” tambahnya.

Direncanakan Pemkot akan menugaskan tim untuk mendesain versi pemkot prod by java candle.

Kunjungan wakil walikota Bandung tersebut langsung diunggah di akun media sosial instagram @kangyanamulyana Selasa (16/2/2021).

Dalam akun tersebut Kang Yana menunjukkan apresiasinya kepada java candle art sekaligus memamerkan produk-produknya.

“Teman teman kita mengunjungi java candle art, tempatnya luar biasa, ini membuktikan ditengah covid-19, temen temen ini tetap inovatif, kreatif dan mudah-mudahan ini bisa buat inspirasi bagi umkm yang lain,” ungkap Yana.

Yana pun menunjuk salah satu produk berupa api unggun portable sehingga tidak perlu kayu bakar.

“Api unggun portable, nggak perlu kayu bakar. Luarrr biasa,” tambahnya.

Yana menambahkan, jika di rumah banyak nyamuk tidak perlu menggunakan produk yang ngoeng..ngoeng gitu (sembari menggerakkan tangannya).

“Ada ini lilin lavender, taro di kamar, nyamuk bablas dan harum,” ungkapnya.

Jadi baguslah…ini kreatif, ungkap Yana yang langsung ditemui Randy Owner Java Candle Art.

Kepada Kang Yana, Randy menceritakan awal berdirinya pada tahun 2018.

“Randy menjelaskan bahwapihaknya menggeluti lilin dari tahun 2008, Cuma untuk kreatif lilinnya dari tahun 2016,” jelas Randy.

Ditanya oleh Kang Yana mengapa ingin menggeluti dunia lilin, randy menjelaskan berawal pada masa tersebut seringnya mati lampu.

“Awalnya pada tahun 2008 masih sering mati lampu, namun di 2016 ternyata listrik sudah bagus, akhirnya kita buatlah jadi lilin kreatif,” jelas Randy.

Yana pun sambil memegang menunjukkan cindera mata berupa souvenir yang didalamnya terdapat gambar foto dirinya.

"Kaya kenal ini sih…keheula…mirip nggak sembari melepas masker, untuk menunjukkan kemiripannya,” ungkap Yana.

Usai melakukan kunjungan ke UMKM, Kang Yana pun berkenan meninjau ke kolam retensi yang bulan lalu pun dikunjungi Walikota Bandung Oded M. Danial (29/1/2021).

Sebagaimana diketahui kolam retensi di kawasan RW 17 yang dibangun tahun 2017, dimanfaatkan warga untuk budidaya perikanan ikan lele dan nila dengan metode keramba apung.

“Hasil panen ikan tersebut nantinya bisa dijual dan bisa dimanfaatkan untuk kegiatan sosial warga melalui kerjasama dengan distributor dan catering,” ujar Muaf Ketua RW 17.

Yana Mulyana pun memberikan support melalui pemberian eco enzyme di kolam retensi tersebut dan akan ikut membuat keramba ikan nila.

“Beliau kepingin ikut serta membuat keramba di kolam retensi ini, dan kami sudah akomodir 2 buah keramba bersama Komisaris Persib,” ujar Ketua RW 17 Sukamiskin.

Diakhir perbincangan Yana mengimbau untuk konsisten dan terus berkesinambungan dalam menjalani usaha. Tetap yakin bisa meraih sukses dengan terus dan berkreasi.

Yanis

Penulis: Ketua KIM Kelurahan Sukamiskin

Baca Juga:

1. Program Sedekah100, Solusi Masalah Anda Dengan Cara Berbagi

2. Rumah-murah-Rp200-juta-dekat-gor-persib-GBLA dan Stasiun Kereta Cepat Tegalluar

3. Rumah Modern Minimalis, View Danau di Bandung Barat Harga Rp300 Jutaan

Berita Terkait