Peringati Paskah, Masjid Istiqlal Sediakan Tempat Parkir bagi Jemaat Gereja Katedral

Masjid Istiqlal Jakarta / Foto: Istimewa


Jakarta, Beritainspiratif.com - Memperingati perayaan Hari Suci Paskah pada 2 sampai 4 April 2021 di Gereja Katedral, Jakarta, Masjid Istiqlal menyediakan tempat parkir bagi jemaat Gereja.

Seperti dikutip dari laman resmi Istiqlal, Kapolsek Sawah Besar, AKP Maulana Mukarom, menjelaskan bahwa jemaat gereja yang melangsungkan ibadah secara tatap muka di Katedral bisa memarkirkan kendaraannya di Masjid Istiqlal.

"Jemaat yang membawa kendaraan roda empat diimbau untuk parkir di Masjid Istiqlal melalui depan SMPN 4 Jakarta, tepatnya di Jalan Perwira, Jakarta Pusat," ujar AKP Maulana, Jakarta, (1/4/2021).

Baca Juga: Athar Crosser Cilik Usia 10 Tahun Sukses di Ajang Motocross Nasional

Kemudian, kendaraan parkir di lantai dasar (basement) Masjid Istiqlal, untuk selanjutnya keluar melalui pintu Al Fattah yang letaknya berseberangan dengan pintu masuk Katedral.

"Masuk Istiqlal dulu di depan pintu SMP 4, kemudian parkir di basement Istiqlal baru keluar dari Pintu Al Fattah, kemudian masuk ke Pintu IV Katedral," papar Maulana.

Berikutnya, Maulana menerangkan bahwa peraturan itu dibuat lantaran jalan utama menuju Katedral dari arah Gambir, maupun arah Lapangan Banteng sedang dilakukan pembangunan konstruksi Terowongan Silaturahmi Istiqlal-Katedral.

Pembangunan Terowongan Silaturahmi Istiqlal-Katedral itu sendiri, tujuannya ialah untuk menjadi simbol eratnya tali silaturahmi antaragama. Apabila Terowongan Silaturahmi selesai dibangun, nantinya jemaat gereja juga bisa menggunakan terowongan itu agar tak perlu lagi menyeberang jalan setelah memarkirkan kendaraannya.

Oleh karena itu, Maulana mengimbau bagi jemaat yang melakukan ibadah baik Kamis Putih, Jumat Agung hingga Paskah, untuk memperhatikan lalu lintas menuju Katedral.

Untuk diketahui, saat melangsungkan ibadah Hari Raya Paskah, terdapat 300 jemaat yang mendaftarkan diri untuk melakukan ibadah tatap muka di Gereja Katedral. Sedang yang lainnya bisa menyaksikan secara daring. Jemaat juga dapat mengikuti ibadah Misa Paskah melalui dua siaran langsung TV, yakni Kompas TV dan TVRI, serta kanal Youtube Komsos Katedram Jakarta dan Hidup TV.

Yanis

Baca Juga: Rumah-murah-Rp200-juta-dekat-gor-persib-GBLA dan Stasiun Kereta Cepat Tegalluar

Berita Terkait