Banyak Beralih Fungsi, DPRD Jabar Harapkan Ruang Terbuka Hijau Ditingkatkan

Pansus I DPRD Jabar gelar rapat pembahasan LKPJ Gubernur Tahun 2020 bersama Dinas Kehutanan Provinsi Jabar dan Bappeda Jabar di Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda, Kabupaten Bandung. Jum'at, (9/4/21). (Foto : Humas DPRD Jabar).


Kab. Bandung, Beritainspiratif.com - Sebagian uang terbuka hijau, saat ini telah beralih fungsi menjadi bangunan fisik. Wakil Ketua DPRD Jabar, Achmad Ru'yat mengatakan berdasarkan data dari Dinas Kehutanan Jawa Barat, ruang terbuka hijau yang ada saat ini 21,27%.

Ia berharap luas ruang terbuka hijau tersebut tidak lagi berkurang, minimal dapat dipertahankan.

"Dengan demikian dapat mencegah dan menanggulangi terjadinya banjir di perkotaan," katanya saat memimpin rapat kerja Pansus I terkait pembahasan LKPJ Gubernur Tahun 2020 bersama Dinas Kehutan Provinsi Jawa Barat dan Bappeda Jabar di Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda, Kabupaten Bandung. Jum'at, (9/4/2021).

Baca Juga: Tekan Angka Stunting, Kemenkominfo Gaungkan Gemar Makan Ikan

Menurut Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Barat Epi Kustiawan, target penutupan lahan pada Tahun 2020 tercapai dengan angka 40% dan resesi 45%.

"Kemudian juga peningkatan produksi hasil hutan, baik kayu maupun non kayu, targetnya 10% sekarang per tahun tercapai 12,5%," tambahnya.

Epi pun berharap, pihaknya akan terus berupaya maksimal melalui indikator kinerja, yang bisa menjadi parameter dalam meningkatkan tutupan lahan di Jawa Barat.

"Target itu akan terus kita tingkatkan, terutama dengan meningkatnya tutupan lahan, berarti kan lingkungan akan lebih baik sehingga dapat meningkatkan produksi udara, oksigen dan produksi hasil hutan, sekaligus akan meningkatkan pendapatan masyarakat," tutupnya.

(Ida)

Baca Juga: Rumah-murah-Rp200-juta-dekat-gor-persib-GBLA dan Stasiun Kereta Cepat Tegalluar

Berita Terkait