Ikhtiar Samawiyah Covid-19, Pemkot Bandung Gelar Tadarus Alquran

Walikota Bandung saat menggelar tadarus al quran secara virtual bersama ASN, Jum'at (9/7/2021) / Foto: Prokopim Kota Bandung


Bandung, Beritainspiratif.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung menggelar tadarus Al Quran secara virtual, Jumat (9/7/2021). Kegiatan ini sebagai upaya mendekatkan diri para kepada Sang Pencipta di masa pandemi Covid-19.

Tadarus Alquran diikuti oleh Wali Kota Bandung, Oded M. Danial dan Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemkot Bandung.

"Pandemi Covid-19 merupakan bagian dari dinamika kehidupan dan ketentuan dari Allah SWT. Sebagai manusia yang memiliki kelemahan hendaknya mendekatkan diri kepada Allah SWT," tuturnya usai mengikuti tadarus Alquran dari Pendopo Kota Bandung, Jln. Dalem Kaum.

Baca Juga: Dislitbang AD Ujicoba Senjata Lawan Tank (SLT) di Batujajar, Bandung

Wali kota menyebut, ada dua hal yang perlu dilakukan saat mendapatkan musibah Covid-19. Yaitu optimalisasi ikhtiar basyariah dan optimalisasi ikhtiar samawiyah. Ikhtiar basyariah adalah, ikhtiar dengan cara berupaya terus meningkatkan disiplin protokol kesehatan dan meningkatkan imunitas.

“Karena urusan Covid-19 ini bukan baru hari ini kita dapatkan, tapi jauh sebelumnya sudah ada di zaman Rasulullah SAW yang disebut tho’un. Saat itu Rasul juga memberikan bimbingan kepada masyarakatnya dengan sangat ketat untuk tidak keluar rumah. Ini barangkali merupakan ikhtiar basyariyah,” jelasnya.

Sedangkan ikhtiar samawiyah adalah, ikhtiar yang dilakukan dengan cara pendekatan kepada Allah SWT sebagai dzat yang menciptakan manusia dan alam semestra termasuk virus Covid-19.

“Ikhtiar samawiyah ini yang ingin dihadirkan di pagi hari ini yaitu dengan mengetuk pintu langit melalui tilawah Alquran. Zikir yang paling afdhol menurut Rasulullah adalah tilawah Alquran,” ujarnya.

Untuk itu, wali kota mengajak kepada seluruh ASN dan non-ASN Pemkot Bandung dan masyarakat Kota Bandung untuk bersahabat dengan Alquran.

“Mari bersama kita tingkatkan terus bersahabat denagn Alquran. Insyaallah, mudah-mudahan Allah akan membuka pintu langit dan Covid-19 ini akan lebih cepat diangkat,” tuturnya.

Sedangkan Plh. Asisten Pemerintahan dan Kesra Kota Bandung, Dadang Gantina mengatakan, kegiatan tadarus Alquran ini sebagai salah satu bentuk upaya Pemkot Bandung menangani wabah Covid-19.

“Memohon perlindungan dan keselamatan bagi para ASN dan Non ASN Pemkot Bandung dan masyarakat umumnya dari wabah covid-19,” kata Dadang.

Rencananya tadarus Alquran secara virtual ini akan dilaksanakan rutin setiap Jumat selama masa PPKM Darurat dari pukul 08.00-09.00 WIB.

RV/-

Baca Juga: Rumah-murah-Rp200-juta-dekat-gor-persib-GBLA dan Stasiun Kereta Cepat Tegalluar

Berita Terkait