Anggota DPRD Jabar Syahrir : Perlindungan Terhadap Nakes Harus Diprioritaskan

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jawa Barat Syahrir saat menyerahkan bantuan 192 APD dan 1200 masker di RSUD Al Ihsan, Kabupaten Bandung, Selasa (13/7/2021) / Foto: Humas DPRD Jabar


Kab. Bandung, Beritainspiratif.com - Tenaga kesehatan memiliki peran yang sangat penting dalam melayani pasien, khususnya yang terpapar virus Covid-19.

Apalagi, hampir di seluruh wilayah di Indonesia penyebaran Covid 19 mengalami peningkatan, tidak terkecuali di Jawa Barat.

Karena itu, bantuan Alat Perlindungan Diri (APD) harus diprioritaskan bagi para tenaga kesehatan.

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jawa Barat, Syahrir menyebutkan, tenaga kesehatan harus mendapatkan perlindungan diri yang ekstra, agar terhindar dari berbagai resiko penularan penyakit.

Baca Juga: Instalasi Rumah Sakit Lapangan Pasien Covid-19, di RSPAD Mulai Beroperasi

Terlebih, saat ini Jawa Barat sedang mengalami peningkatan Covid 19 yang signifikan dibandingkan dengan tahun 2020 lalu.

“Nakes ini garda terdepan dalam merawat pasien yang terpapar virus Covid 19, kesehatannya pun harus diperhatikan. Salah satunya dilengkapi dengan pakaian khusus saat dirinya bertugas,” sebut Syahrir usai menyerahkan bantuan 192 APD dan 1200 masker di RSUD Al Ihsan, Kabupaten Bandung, Selasa (13/7/2021).

Selain itu, kata dia, resiko tenaga kesehatan tarpapar virus Corona (Covid-19) sangat tinggi.

Hingga kini sudah banyak tenaga kesehatan gugur dalam melaksanakan tugasnya, merawat pasien yang terpapar virus.

Ia berharap bantuan APD tersebut paling tidak mengurangi resiko besar dari terpapar Covid 19.

“Karena itu, tenaga kesehatan ini harus dilindungi, kalau tidak dilindungi siapa yang akan merawat kita jika terpapar,” katanya.

Wakil Direktur Medik Dan Keperawatan RSUD Al Ihsan, dr. Ferry Achmad Firdaus, mengapresiasi anggota dewan atas bantuan berupa APD dan masker tersebut.

Menurutnya, RSUD Al Ihsan yang merupakan rumah sakit milik Pemprov. Jawa Barat, saat ini menduduki peringkat kedua terbanyak merawat pasien yang terpapar Covid 19, setelah RSUP Hasan Sadikin.

Sehingga kebutuhan APD untuk nakes ini perlu diprioritaskan, mengingat kondisi keterisian rumah sakit sudah mencapai 100 persen.

“Inilah memang yang sangat kami butuhkan saat ini, pakaian khusus atau hazmat, masker dan sanitizer sangat membantu kami saat bertugas sebagai perlindungan diri. Tentu kami sangat mengapresiasi bantuan ini,” katanya.

(Ida)

Baca Juga: Rumah-murah-Rp200-juta-dekat-gor-persib-GBLA dan Stasiun Kereta Cepat Tegalluar

Berita Terkait