BNN Kota Bandung Sosialisasikan Bahaya Narkoba Kepada Siswa Didik Baru

Foto: dok. BNN Kota Bandung


Bandung, Beritainspiratif.com - Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS), beberapa sekolah di Kota Bandung yaitu SMA Negeri 3 Bandung, SMA Negeri 10 Bandung dan SMP SMA Bina Bakti meyelenggarakan kegiatan MPLS dengan menggelar sosialisasi tentang bahaya penyalahgunaan narkoba secara virtual terhadap peserta didik baru Tahun Ajaran 2021-2022, Rabu (21/7/2021).

Webinar ini bertujuan untuk memberikan pemahaman dan pengetahuan seputar bahaya narkoba. Usia para siswa baru ini, merupakan usia yang rentan dan mudah terpengaruh dalam penyalahgunaan obat-obatan terlarang.

Karena itu, kegiatan penyuluhan mengenai bahaya narkoba ini, adalah upaya pihak sekolah dalam menangkal segala bentuk penyalahgunaan dan peredaran narkoba. Harapannya, dengan pengetahuan yang didapat itu, tentu mereka akan mendapatkan imun terhadap segala bentuk penyalahgunaan narkoba.

Demikian disampaikan pemateri, Penyuluh Narkoba Alhi Pertama BNN Kota Bandung, Saras Putri Utami, S.I.Kom. dalam paparannya dihadapan ratusan siswa didik baru yang mengikuti virtual tersebut.

Baca Juga: Walikota Bogor Tinjau Gedung Isoman Covid-19 di Asrama IPB University

Menurut Saras, kegiatan ini merupakan bagian dari upaya pihak sekolah untuk membangun sistem ketahanan diri dari penyalahgunaan narkoba, agar para siswa baru tidak terjerumus dalam penyalahgunaan obat-obatan terlarang.

Hal ini pun sejalan dengan program pemerintah, mengenai Pencegahan dan Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN), utamanya untuk mewujudkan lingkungan sekolah Bersinar (Bersih narkoba).

Disebutkan, oleh narasumber kepada para siswa bahwa anggapan tentang penyalahgunaan narkoba bisa menjadikan terlihat keren dan gaul adalah sebuah pemikiran yang salah, sebaliknya menyalahgunakan narkoba justru dapat berdampak buruk pada fisik, mental dan kehidupan sosial seseorang.

Gangguan fisik dan perubahan mental, emosional menyebakan memburuknya kehidupan sosial yang tentu dapat membahayakan diri sendiri maupun orang lain.

Sebuah quotes disampaikan dalam kegiatan sosialisasi tersebut, "Your life your choice, every choice has a risk, choose the best one". Hidup mu itu pilihan mu juga, tapi setiap pilihan yang kita buat dalam kehidupan kita, itu punya resiko. Jadi hidup itu adalah pilihan, termasuk menyalahgunakan narkoba, ada sanksi yang menanti, penjara, kematian atau sakit, masuk rumah sakit jiwa dan rehabilitasi.

Oleh karena itu, jelasnya, sebagai penerus generasi masa depan, pilih lah jalan hidup mu yang terbaik. Hindari prilaku-prilaku negatif, apalagi sampai terjerumus ke dalam penyalahgunaan narkoba.

"Jadilah anak yang bisa membanggakan, keluarga dan sekolah, berprestasi dan bermanfaat bagi orang lain dan tentunya menjadi pribadi yang memiliki masa depan yang cerah tanpa narkoba," ujar Saras.

Melalui kegiatan ini, para siswa baru ini diharapkan dapat berperan aktif dalam menyebarluaskan infomasi ini mengenai bahaya penyalahgunaan narkoba ini, baik kepada keluarga, teman atau lingkungan sekitar, termasuk dengan mengikuti akun sosial BNN Kota Bandung, baik instagram, youtube, facebook dan twiter, para siswa telah berperan serta perang melawan narkoba guna mewujudkan sekolah bersinar, Bandung bersinar menuju Indonesia bersih narkoba.

Yanis

Baca Juga: Rumah-murah-Rp200-juta-dekat-gor-persib-GBLA dan Stasiun Kereta Cepat Tegalluar

Berita Terkait