Tim PKM Unisba - H3B Gelar Pelatihan Teknik Presentasi Budaya dan Personal Branding

Ketua Tim PKM Unisba Dr. Hj. Ani Yuningsih, Dra., M.Si. menyampaikan materi Public Relations di Era Digital dan Personal Branding PR Officer Perhotelan secara virtual, pada Rabu dan Kamis, 7-8 April 2021 / Foto: Humas Unisba


Bandung, Beritainspiratif.com - Tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Unisba bekerjasama dengan Himpunan Humas Hotel Bandung (H3B) menyelenggarakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat secara virtual dengan tema Teknik Presentasi Budaya dan Personal Branding pada Rabu dan Kamis, 7-8 April 2021 lalu. Kegiatan ini diikuti oleh para peserta yang merupakan anggota Himpunan Humas Hotel Bandung.

Narasumber dalam kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini adalah dosen-dosen Bidang Kajian Public Relations Fikom Unisba yang memiliki pengalaman dalam Teknik Presentasi, Diplomasi dan Personal Branding yakni:

1. Dr. Hj. Ani Yuningsih, Dra., M.Si yang menyampaikan materi Public Relations di Era Digital dan Personal Branding PR Officer Perhotelan

2. Maman Chatamllah, Drs., M.Si. yang membahas Pemanfaatan Media Sosial dalam Fungsi PR

3. Erik Setiawan, S.Sos., M.I.Kom. yang menyampaikan materi Diplomasi Publik melalui Presentasi Budaya 

4. Ashabul Yamin A., S.I.Kom., M.I.Kom. yang membahas materi tentang Diplomasi Budaya dalam Perspektif PR dan Peran Humas Hotel dalam Presentasi Budaya.

Semua materi disertai simulasi dalam konteks kegiatan PR offline dan online/virtual.

Ketua Tim PKM Unisba Dr. Hj. Ani Yuningsih, Dra., M.Si. mengungkapkan, pelatihan ini menjadi sumbangsih akademisi kepada praktisi humas, khususnya para Public Relations Officer di Perhotelan.

“Di era digital saat ini, keterampilan presentasi melalui budaya dan personal branding sangat dibutuhkan. Presentasi budaya diperlukan karena hotel merupakan salah satu bagian dari industri pariwisata, dan core business pariwisa itu salah satunya adalah budaya”, kata Ani.

Baca Juga: Satgas Covid-19 Jabar: Pemberlakuan PPKM Jadi Momentum Perkuat 3T

Dekan Fakultas Ilmu Komunikasi (Fikom) Unisba, Dr. Septiawan Santana K., S.Sos., M.Si. yang membuka kegiatan pelatihan secara resmi menyatakan bahwa di era digital saat ini, setiap individu berada dalam sebuah ruang budaya yang berfungsi untuk mengenal karakter diri masing-masing.

“Pelatihan ini memberikan sentuhan pada bagaimana sebuah hotel bergerak di lingkungan budaya sekitarnya, serta dalam konteks Public Relations dapat mempresentasikan dirinya dan dapat menarik konsumen hotel untuk masuk ke lingkungan hotelnya”, tegas Septiawan.

Sekretaris Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat (LPPM) Unisba, Dr. Hj. Ike Junita Triwardhani, M.Si. dalam sambutannya menyampaikan bahwa wujud nyata perguruan tinggi di masyarakat adalah berperan dalam pengembangan berbagai profesi. Dalam kesempatan ini, keterampilan dalam personal branding yang diberikan adalah hal yang sangat penting bagi seorang Public Relations Officer.

“Kenyamanan customer tidak hanya dinilai dari layanan hotel, namun dari personality dari PR officer-nya yang profesional, memberikan kesan yang baik dan menyenangkan, sehingga customer menjadi loyal”, ungkap Ike.

Ketua Himpunan Humas Hotel Bandung, Rikky Sugiarto menyatakan pelatihan ini diperlukan oleh para anggotanya untuk menambah keterampilan dalam mempresentasikan diri sebagai praktisi Humas yang bertugas di garda depan sebuah Hotel. Presentasi diri Humas merupakan presentasi budaya sebuah Hotel, yang juga mempromosikan pariwisata dari Kota Bandung.

“Dengan mempelajari teknik presentasi budaya dan personal branding ini, dapat menambah keterampilan kami selaku praktisi Humas Hotel dalam bekerja, dan lebih jauh lagi berkontribusi untuk kemajuan pariwisata di Kota Bandung, juga Jawa Barat, ungkap Rikky.

Yanis

Berita Terkait

  • Pemilu & Pilres
  • 05 Feb 2023
Jadwal dan Tahapan Pemilu 2024