Ketua DPRD Kota Bandung Apresiasi Kolaborasi Vaksinasi di RW 08 Sekejati

Ketua DPRD Kota Bandung, H. Tedy Rusmawan, AT., MM meninjau kegiatan vaksinasi Covid-19 massal dan penyaluran bantuan, di RW 08, Kelurahan Sekejati, Sabtu (7/8/2021) / Foto: Humas DPRD KOta Bandung


Kota Bandung, Beritainspiratif.com - Kegiatan vaksinasi Covid-19 massal sebagai upaya percepatan target vaksinasi nasional terus dilakukan melalui upaya sinergitas dan kolaborasi dari berbagai pihak. Hal ini pun dilakukan oleh Koramil 1809/ Margacinta bersama pemerintah kewilayahan Kecamatan Buah Batu, yang memfasilitasi ratusan warga di RW 08 Sekejati, Kecamatan Buah Batu yang belum mendapatkan layanan vaksinasi Covid-19.

Ketua DPRD Kota Bandung, H. Tedy Rusmawan, AT., MM pun mengapresiasi upaya tersebut, sebagai upaya percepatan vaksinasi Covid-19 bagi masyarakat Kota Bandung. Terlebih menurut Tedy, jika hanya mengandalkan Puskesmas target 2,3 juta vaksinasi Covid-19 pada akhir tahun 2021 bagi masyarakat Kota Bandung tidak akan mampu terkejar.

“Kami tentunya mengapresiasi upaya kolaborasi dan sinergi antara TNI/Polri dan Pemerintah Kota Bandung, serta beberapa komponen masyarakat, dalam rangka percepatan vaksinasi Covid-19 bagi masyarakat Kota Bandung. Kami pun mendorong agar ke depan, upaya-upaya seperti ini dapat semakin masif dan dapat  dilakukan di berbagai wilayah lainnya di Kota Bandung," ujarnya, seusai meninjau kegiatan vaksinasi Covid-19 massal di RW 08 Kelurahan Sekejati, Sabtu (7/8/2021).

Tedy menuturkan, berdasarkan informasi yang diperolehnya, TNI telah menargetkan untuk setiap Koramil dapat melakukan vaksinasi Covid-19 bagi masyarakat sebanyak 250 dosis per hari. Hal itu dapat membantu Puskesmas dalam  memenuhi target percepatan vaksinasi Covid-19 di Kota Bandung. Karena selama ini Puskesmas hanya mampu untuk melakukan penyuntikan 100-150 dosis per hari.

"Dengan hadirnya dukungan dari TNI/Polri tentunya menjadi tambahan energi bagi pemerintah daerah untuk mengejar target capaian vaksinasi Covid-19 bagi masyarakat. Apalagi telah disampaikan bahwa ketersediaan dosis vaksin Covid-19 di TNI dipastikan akan selalu tersedia untuk dapat melayani masyarakat," ucapnya.

Baca Juga: Warung Jum'at Barokah Polda Banten Salurkan Bansos Door to Door

Dengan demikian, Tedy mengimbau kepada aparat pemerintah di tingkat kecamatan dan kelurahan untuk dapat memfasilitasi kegiatan vaksinasi Covid-19 massal, termasuk memobilisasi dukungan dari setiap fasilitas layanan kesehatan, baik pemerintah dan swasta yang ada di wilayahnya masing-masing.

"Jadi kalau setiap kewilayahan telah dapat memfasilitasi kebutuhan sarana untuk kegiatan vaksinasi Covid-19 massal di wilayahnya masing-masing, termasuk kesiapaan dari para tenaga kesehatan sebagai vaksinator, maka dukungan suplai dosis vaksin Covid-19 pun akan dilakukan oleh TNI, dalam upaya percepatan target vaksinasi masyarakat," ucapnya.

Hal senada disampaikan oleh Danramil 1809/ Margacinta, Kapten Arh, Hadi Susyanto menambahkan, dukungan terhadap percepatan vaksinasi Covid-19 bagi masyarakat Kota Bandung merupakan instruksi langsung dari Panglima TNI, yang selanjutnya diimplementasikan di seluruh wilayah Indonesia.

Hal ini dilakukan sebagai upaya membantu pemerintah dalam memutus rantai penyebaran Covid-19, melalui terbentuknya kekebalan kelompok atau herd immunity di masyarakat.

"Selain dukungan penyediaan kebutuhan dosis vaksin Covid-19, pihak TNI pun siap membantu ketersediaan dukungan tenaga kesehatan di Kesdam, untuk dapat membantu Dinas Kesehatan Kota Bandung dalam melaksanaan vaksinasi Covid-19 massal di tingkat kewilayahan. Jadi di mana pun warganya dan berapa pun jumlahnya, kami siap bantu," ujarnya dilokasi yang sama.

Sementara itu, Camat Buahbatu, Edi Juhendi menuturkan, sebagai upaya percepatan target vaksinasi Covid-19 Kota Bandung, pihaknya telah berkomunikasi dan berkoordinasi dengan beberapa fasilitas layanan kesehatan yang berada di Kecamatan Buah Batu untuk dapat memfasilitasi warganya dalam mendapatkan layanan vaksinasi covid-19.

"Alhamdulillah, dukungan rumah sakit dan poliklinik yang berada di Kecamatan Buahbatu, di antaranya Rumah Sakit Edelweiss, dan Harapan Bunda yang selama ini telah rutin membantu Puskesmas, dalam melayani kebutuhan warga Buahbatu untuk mendapatkan layanan vaksinasi covid-19. Termasuk penyelenggaraan vaksinasi Covid-19 massal bagi tenaga pendidikan, sehingga sekitar 4500-an guru di Kecamatan Buah Batu telah selesai divaksin," katanya.

Yanis

Baca Juga: Rumah-murah-Rp200-juta-dekat-gor-persib-GBLA dan Stasiun Kereta Cepat Tegalluar

Berita Terkait