Hasil Evaluasi Kemenpan, SAKIP dan RB Pemkot Bandung Memuaskan (BB)



Kota Bandung, Beritainspiratif.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung menerima hasil evaluasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) dan Reformasi Birokrasi (RB) tahun 2020 dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) dengan hasil memuaskan (BB).

Wali Kota Bandung, Oded M. Danial mengatakan, Pemkot Bandung berkomitmen mempertahankan prestasi yang telah diraih. Di antaranya dalam manajemen kerja, yaitu melalui perubahan mindset seluruh ASN, serta perubahan budaya kerja dalam mewujudkan ASN yang akuntabel.

Baca Juga: HCMI Minta Transparansi Anggaran Reses Anggota DPRD Jabar

Hal tersebut disampaikan wali kota saat memberi sambutan dalam acara evaluasi SAKIP dan Penilaian Reformasi Birokrasi secara virtual di Pendopo Kota Bandung, Selasa (14/9/2021).

"Dalam arti mampu mempertanggungjawabkan penggunaan anggaran dalam rangka mewujudkan pemerintahan yang berorientasi pada hasil yang menunjukan efektivitas dan efisiensi penggunaan anggaran dengan capaian kerja," ungkapnya.

Di samping itu, lanjut wali kota, Pemkot Bandung juga telah membangun sistem informasi yang memudahkan untuk memonitor kinerja ASN secara otomatis. Seperti SIRA, SIMDA, E-SAKIP/SILAKIP, E-MONEV, EDALEV, SIMONEL, dan ERK/MANGBAGJA.

"Serta pedoman penyusunan SAKIP dan evaluasi kinerja," imbuhnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, Pemkot Bandung telah melakukan tindaklanjut atas 5 rekomendasi SAKIP dan 12 rekomedasi reformasi birokasi sebagaimana hasil evaluasi dari Kemenpan-RB tahun 2020. "Untuk itu kami jajaran Pemkot Bandung akan meningkatkan prestasi yang telah diraih," ucapnya.

(RV)

Baca Juga:

Tim Riset SBM ITB: Pemerintah Perlu Semakin Mengkampanyekan Manfaat Vaksin

Pemerintah Akan Terus Berlakukan PPKM Guna Mengendalikan Covid-19

Capaian Total Vaksinasi Jadi Indikator Penurunan Level PPKM

Vaksin 'Sekali Suntik' Johnson & Johnson Tiba di Indonesia

Daftar Level PPKM Jawa-Bali Hingga 20 September, 3 Kabupaten Masih Level 4

UPI - Pemkot Bandung Kembangkan Mesin Sampah Canggih Tanpa Listrik

 

Berita Terkait