BNN Kota Bandung Gelar Tes Urine Bagi Pegawai Dishub dan Kecamatan Gedebage

Pegawai di lingkungan Pemerintahan Kota Bandung saat mengikuti tes urine, Selasa (19/10/2021) / Foto: Humas BNN Kota Bandung


Bandung, Beritainspiratif.com - Tim Terpadu P4GNPN Kota Bandung melalui Badan Kepegawaian Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM), BNN Kota Bandung dan Sat. Narkoba Polrestabes Bandung yang merupakan bagian dari Tim Terpadu P4GNPN, menggelar Upaya Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran gelap narkoba P4GN, deteksi dini pemeriksaan test urine kepada 311 orang pegawai di lingkungan pemerintahan Kota Bandung.

Pemeriksaan yang dilakukan Tim Terpadu P4GNPN (Pencegahan dan Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika dan Prekursor Narkotika) digelar di dua tempat terpisah, masing- masing di Kantor Dishub Kota Bandung Jl. Gedebage dan Kantor Kecamatan Gedebage, Kota Bandung, Jawa Barat, Selasa (19/10/2021).

Para pegawai yang menjalani pemeriksaan, terdiri dari 258 pegawai ASN Dishub dan 53 pegawai ASN di lingkungan Kecamatan Gedebage, dengan mengikutsertakan empat kelurahan.

Kepala BKPSDM, Adi Junjunan Mustofa, menyebutkan, tujuan kegiatan ini, adalah sebagai upaya deteksi dini dilingkungan pekerja pemerintah kota Bandung untuk mencegah terjadinya penyalahgunaan narkoba di lingkungan pemerintahan Kota Bandung dan wujud komitmen upaya kota Bandung lingkungan bersih narkoba. Kota Bandung Bersinar.

"Karena permasalahan narkoba adalah permasalahan nasional yang harus ditangani secara serius melibatkan seluruh komponen lapisan masyarakat," tegas Adi.

"ASN sebagai tulang punggung yang terikat dengan kode etik senantiasa harus menjaga marwah pemerintahan Kota Bandung, dalam mewujudkan kota Bandung bersih narkoba," imbuhnya.

Ia menambahkan, meski jumlah ASN hanya 0,6 persen dari jumlah penduduk warga Kota Bandung, namun apabila hal terburuk terjadi ini bisa berdampak citra negatif.

"Oleh karena itu, melalui kegiatan ini, harapannya Dishub Kota Bandung dapat menjadi teladan bagi seluruh warga Kota Bandung, guna menciptakan Kota Bandung, Kota yang unggul SDM menuju Kota Bandung Bersih dari narkoba (Bersinar)," tambahnya.

Baca Juga: Kota Bandung Level 2, Inilah Daftar PPKM JAWA BALI Hingga 1 November

Kepala BNN Kota Bandung, AKBP. Deni Yus Danial, dalam sambutannya, mengungkapkan Indonesia sedang darurat narkoba.

Dampak dari penyalahgunaan narkoba itu, tentu dapat mengancam kehidupan masa depan kita. Untuk menanggulangi permasalahan tersebut, P4GN adalah suatu strateginya. P4GN merupakan strategi negara dalam rangka mencegah, melindungi dan menyelamatkan bangsa Indonesia dari penyalahgunaan narkotika.

"P4GN hadir, bukan menjadi tanggung jawab BNN atau Polri semata, tetapi menjadi tanggung jawab kita bersama. Kegiatan tes urine ini, merupakan upaya deteksi dini bagi ASN di lingkungan Pemerintahan Kota Bandung," ujar Deni.

Ini merupakan amanah dari Inpres No. 2 Tahun 2020, tentang Rencana Aksi Nasional (RAN), yang ditujukan kepada seluruh kementerian dan lembaga negara, kapolri, panglima TNI, para gubernur, bupati dan walikota harus melaksanakan P4GN.

Pemeriksaan tes ini pun merupakan implementasi Permendagri No. 12 Tahun 2019, tentang fasilitasi P4GN, dimana disebutkan para gubernur, bupati/walikota, camat sampai ke tingkat paling bawah kepala desa dan lurah, wajib memfasilitasi pelaksanaan P4GN.

Deni menjelaskan, terbentuknya Tim Terpadu P4GNPN, dan keluarnya Perda No. 5 Tahun 2021, merupakan salah bukti bentuk komitmen Pemerintahan Kota Bandung dalam melaksanakan program P4GN, salah satu diantaranya sosialisasi dan pelaksanaan kegiatan tes urine di Dinas Perhubungan Kota Bandung ini.

(Yanis)

Baca Juga:

Ikon Wisata Baru, Bogor Bakal Ada Jembatan Gantung Terpanjang di Dunia

19 Tahun Lepas, Indonesia Bawa Pulang Kembali Thomas Cup

5 Kali Juara, Jabar Provinsi Pertama Juara Umum PON di Papua

Pemerintah Akan Tindak Tegas Praktik Pinjaman Online Ilegal

Dokumen Hilang, Begini Cetak Sendiri Akta Kelahiran, KK, dan Akta Kematian

Pengurus FK KIM Kota Bandung 2021-2024 Dilantik, Ini Pesan Wali Kota

Berita Terkait