Duka Semeru, Uu Ruzhanul Ajak Masyarakat Muslim di Jabar Salat Gaib

Tangkapan layar Erupsi Gunung Semeru [Video amatir warga]


KOTA TASIKMALAYA, BERITAINSPIRATIF.COM  – Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum mengajak masyarakat yang muslim di Jawa Barat agar melakukan salat gaib dan mendoakan para korban letusan Gunung Semeru, di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.  

Pak Uu – sapaan akrabnya — menyampaikan duka cita mendalam kepada para korban selamat, terutama yang telah kehilangan orang terkasih maupun harta bendanya. 

“Saya berharap kepada masyarakat di Jawa Barat untuk ikut belasungkawa dan ikut mendoakan. Saya harapkan ada salat gaib khususnya bagi para korban masyarakat muslim yang meninggal dunia,” ujar Uu Ruzhanul Ulum di Kotas Tasikmalaya, Senin (6/12/2021). 

Baca Juga: Jabar Quick Response Gerak Cepat, Kirim Bantuan Korban Erupsi Gunung Semeru

Pak Uu meminta letusan Gunung Semeru menjadi pelajaran bagi warga Jabar betapa bencana terkait kegunungapian tidak dapat diprediksi meskipun teknologi canggih tersedia.  

Ia mengingatkan masyarakat lebih waspada mengingat Jabar masih memiliki beberapa gunung api aktif seperti Galunggung di Tasikmalaya, Tangkubanparahu di Bandung Barat – Subang, Guntur di Garut, Salak di Bogor – Sukabumi, serta Gunung Gede di Bogor – Cianjur – Sukabumi. 

Ia juga mengimbau masyarakat untuk senantiasa meningkatkan keimanan dan ketakwaan. “Kita juga tetap harus hati-hati, karena di Jawa Barat itu ada beberapa gunung berapi (yang masih aktif) dari mulai Galunggung, Ciremai, dan juga Papandayan di Kabupaten Garut,” ungkap Pak Uu.

“Memang yang namanya bencana sulit sekali untuk dideteksi. Satu kuncinya, yaitu tingkatkan keimanan dan ketakwaan. Insyaallah kalau masyarakat iman dan takwa, bukan bencana yang didapat, tapi barokah yang kita terima dalam kehidupan,” imbuhnya.

(Yanis)

Baca Juga:

Presiden Minta Vaksinasi COVID-19 untuk Anak Usia 6-11 Segera Dimulai

Jelang Natal dan Tahun Baru, Kota Bandung Diperketat

WHO: 6 Hal yang Perlu Diketahui Tentang Varian COVID-19 Omicron

Forum RW Kota Bandung Akan Menggelar Muskot Maret 2022

Inmendagri Baru Terbit, Berlaku sampai 13 Desember, Inilah Level PPKM di Jawa Bali

Inmendagri Natal dan Tahun Baru Terbit, Begini Aturan PPKM Level 3

Berita Terkait