Ini Makna Gong Xi Fa Cai Saat Tahun Baru Imlek?

Foto: Istimewa


Beritainspiratif.com - Ucapan Imlek 2022 yang sering diucapkan adalah Gong Xi Fa Cai. Apa arti Gong Xi Fa Cai?

Secara harfiah Gong Xi Fa Cai artinya adalah selamat mendapatkan lebih banyak kekayaan atau kemakmuran.

Namun, dalam bahasa Mandarin, ucapan Tahun Baru Imlek yang paling umum adalah X?nnián h?o (???), yang secara langsung diterjemahkan sebagai 'New Year Goodness'.

Tetapi ucapan Imlek 2022 yang lebih formal adalah X?n nián kuài lè, yang secara harfiah berarti 'New Year happiness' atau Selamat Tahun Baru.

Lantas, apa arti Gong Xi Fa Cai?

Dikutip dari Kontan, Gong Xi Fa Cai artinya secara harfiah adalah selamat mendapatkan lebih banyak kekayaan atau kemakmuran.

Hal itu dijelaskan oleh dosen senior Departemen Chinese Studies Universitas Malaya Prof Dr Yam Kah Kean.

Dia mengatakan, ada yang percaya istilah Gong Xi Fa Cai lebih fokus terhadap keuntungan materi daripada semangat kebersamaan di Tahun Baru China.

Karena itu banyak kalangan lebih suka mengucapkan kata Xin Nian Kuai Le yang artinya Selamat Tahun Baru di momen Imlek.

Baca Juga: Mengapa Tahun Baru Imlek Selalu Hujan? Ini Penjelasan BMKG

Ungkapan Xin nian kuai le adalah cara untuk mengucapkan selamat tahun baru dalam bahasa Cina kepada teman tanpa merujuk uang, finansial, atau materi.

Sementara Kuai le berarti bahagia atau gembira, dan Xin nian berarti tahun baru. Selain itu, ada beberapa ucapan Imlek tahun 2021.

Dikutip dari laman News.cgtn.com, di antaranya adalah Chun Jie Kuai Le atau Selamat Festival Musim Semi!.

Kemudian, Xin Xiang Shi Cheng yang berarti semoga keinginan Anda menjadi kenyataan. Anda mendoakan agar orang-orang yang Anda kasihi mendapatkan keinginannya tahun ini. Serta, ada pula Yi Fan Feng Shun yang artinya pelayaran lancar.

Makna ucapan tersebut dapat diartikan sebagai kelancaran dalam mengarungi pasang surut kehidupan.

Baca Juga: 492 Orang Diduga Gejala Omicron, Jabar Perketat Deteksi

Kumpulan ucapan Imlek bahasa Inggris dan Indonesia Dilansir dari Kompas.com, Kamis (20/1/2022), berikut pilihan ucapan Imlek 2022 yang dapat Anda ungkapkan kepada kerabat atau orang terdekat.

1. Happy Chinese New Year! Selamat Tahun Baru China!

2. Wishing you luck, love, and health this Chinese New Year. Semoga kamu mendapatkan keberuntungan, cinta, dan kesehatan di Tahun Baru Imlek ini.

3. May all your wishes come true this Chinese New Year. Semoga semua keinginanmu menjadi kenyataan di Tahun Baru Imlek ini.

4. May the Chinese New Year bring you joy and prosperity. Semoga Tahun Baru Imlek memberi kamu sukacita dan kemakmuran.

5. Sending love and luck to you and your family this Chinese New Year. Mengirim cinta dan keberuntungan untuk kamu dan keluargamu di Tahun Baru Imlek ini.

6. May the new year bring you new possibilities, new horizons, and new joys. Semoga tahun baru memberi kamu kemungkinan baru, cakrawala baru, dan kegembiraan baru.

7. Happy lunar new year. I hope that good fortune follows you wherever you go. Selamat Tahun Baru Imlek. Aku berharap keberuntungan mengikuti kamu ke mana pun kamu pergi.

8. Happy Chinese New Year! May this new year unfold new and better things for you. May you get all the things you wish for. Selamat Tahun Baru China! Semoga tahun baru ini membuka hal-hal baru dan lebih baik untuk kamu. Semoga kamu juga bisa mendapatkan semua hal yang diinginkan.

9. Wishing you a Year of the Tiger full of vitality, bravery, and generosity. Semoga kamu mendapatkan Tahun Macan yang penuh vitalitas, keberanian, dan kemurahan hati.

10.May the Year of the Tiger inspire you to be your boldest, bravest self. Semoga Tahun Macan menginspirasimu untuk menjadi diri yang paling kuat dan berani.

(YI)

Baca Juga:

BURUAN ! Dijual Murah, 1 Unit Apartemen Dekat Kampus UGM Yogyakarta

Paket Obat Gratis bagi Pasien Isoman Terkonfirmasi Omicron dari Kemenkes

Cara Unduh Sertifikat Vaksin Internasional Standar WHO, Begini Caranya!

Untuk Pemula, Inilah Tips dan Cara Jual NFT di NFT atau Market Lain

Kenali Ciri dan Cara Pencegahan Penularan Omicron

Kasad Pimpin Sertijab Pangkostrad, Pangdam dan Pejabat Lainnya

Berita Terkait