Jangan Salah! Inilah Bedanya Flu Biasa dan Omicron

Ilustrasi / Halodoc


BERITAINSPIRATIF.COM - Varian Omicron dengan gejala ringan seringkali membuat orang bingung, mengingat gejala yang muncul mirip dengan flu biasa, seperti batuk, hidung meler dan tersumbat, serta sakit kepala.

Lalu seperti apakah gejala Omicron yang muncul dari hari ke hari sejak awal terinfeksi?

Keduanya sama-sama memicu gejala yang mirip, seperti batuk, pilek, hingga hidung tersumbat. Bahkan, sejumlah pakar pun kesulitan bagaimana membedakannya secara klinis.

Hal ini diketahui dari pernyataan dokter spesialis penyakit dalam sekaligus konsultan penyakit tropik dan infeksi yang berpraktik di RS Pondok Indah, dr Ronald Irwanto, Sp.PD-KPTI, FINASIM.

"Antara Omicron dan Delta atau Alpha, Beta, Gamma, atau sama (virus) Influenza sekalipun itu sangat sulit sekali dibedakan secara klinis," tuturnya dalam webinar bertajuk 'Omicron vs Delta', Selasa (22/2/2022) seperti diungkap Detikhealth.

Baca Juga: Makna Hari Raya Nyepi Bagi Umat Hindu

Lalu, Perbedaan Flu Biasa dan Omicron seperti Apa?

Meski perbedaan flu biasa dan Omicron terbilang sulit diketahui, namun dr Erlina, dokter spesialis paru dari RS Persahabatan dan Pokja Infeksi Pengurus Pusat Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI), mengungkapkan bahwa Omicron memiliki gejala yang khas berupa sakit tenggorokan.

"Mulai dari gatal tenggorokan sampai nyeri, kemudian biasanya menjadi batuk. Biasanya batuknya kering, kemudian disertai hidung tersumbat. Di hidung ada beberapa, ada yang merasa hidung tersumbat, ada yang merasa pilek," terangnya, Sabtu (29/1/2022).

dr Erlina juga mengungkapkan gejala Omicron tersebut bisa disertai dengan nyeri kepala dan badan lemas.

"Tambahannya adalah nyeri kepala dan badannya lemas (pada pasien Omicron). Ini mirip banget dengan flu oleh sebab itu untuk kondisi Omicron yang sudah mulai marak, jangan terlalu menganggap enteng flu terutama pada orang-orang lansia atau usia tua, atau orang-orang dengan komorbid yang komorbidnya tidak terkendali," pungkas dr Erlina.

Baca Juga: Band PLAT MERAH Pemkot Bandung Tampil di Acara BANDUNG MENJAWAB

Adakah Gejala Lain sebagai Perbedaan Flu dan Omicron?

Ya, selain sakit tenggorokan, perbedaan flu dan Omicron bisa dilihat dari gejala lainnya. dr Harish Chafle, konsultan senior-pulmonologi dan perawatan kritis di Rumah Sakit Global Parel, Mumbai, mengklasifikasikan 3 kategori gejala Omicron dari yang paling umum, kurang umum, dan tergolong serius. Berikut informasinya:

Gejala Omicron yang Paling Umum

Demam

Batuk

Kelelahan

Kehilangan indra penciuman dan rasa

Gejala Omicron Kurang Umum

Sakit tenggorokan

Sakit kepala

Nyeri

Diare

Ruam kulit

Perubahan warna pada jari tangan atau kaki

Mata merah atau iritasi

Gejala Omicron yang Tergolong Serius

Kesulitan bernapas atau sesak napas

Kehilangan bicara atau mobilitas

Kebingungan

Nyeri dada

Baca Juga: Hari Raya Nyepi, Ibadah Umat Hindu di Kota Bandung Berlangsung Khusyuk

Namun demikian salah satu cara efektif untuk mengetahui perbedaan flu dan Omicron adalah dengan melakukan tes COVID-19.

"Anda dapat pergi dan mendapatkan tes COVID di banyak apotek, dan dokter Anda dapat memberikan tes untuk flu," kata Brooke Bozick, seorang pakar NIH penyakit pernapasan yang mempengaruhi paru-paru, dikutip dari News in Health (NIH).

"Tes COVID-19 juga tersedia di banyak pusat kesehatan. Dan Anda dapat membeli alat uji yang disetujui untuk digunakan di rumah," pungkasnya.

(YI)

Baca Juga:  

Berita Terkait