WEB KIM.BANDUNG.GO.ID Diluncurkan, Kadiskominfo: Silahkan Beritakan Kelurahannya



Kota Bandung, Beritainspiratif.com - Guna mempermudah tugas dan fungsi dari Kelompok Informasi Masyarakat (KIM), Diskominfo Kota Bandung meluncurkan website  KIM dengan situs ” kim.bandung.go.id” pada acara yang digelar di Tebu Hotel Bandung pada, Kamis (4/8/2022).

Hadir dalam acara tersebut Kepala Diskominfo Kota Bandung Y.Ahmad Brilyana, Kepala Bidang Diseminasi Informasi Elly Harliani beserta jajaran, Para Pengurus FK KIM Kota Bandung dan Perwakilan Korwil KIM Kota Bandung.

Tonton Juga: Video Launching WEB KIM Kota Bandung

Dipantau langsung Beritainspiratif.com di lokasi, Kepala Diskominfo Kota Bandung Y. Ahmad Brilyana pada kesempatan tersebut menyampaikan bahwa dengan perkembangan teknologi internet sekarang diperlukan adaptasi agar tidak ketinggalan zaman, sehingga tugas tugas dapat terlayani dengan cepat, layanan jadi lebih baik dan transparan.

“Tentunya ditunjang infrastruktur yang memadai sehingga dapat memberikan layanan yang maksimal,” ujarnya.

Yang menjadi tolak ukur dalam pemberian layanan maksimal tersebut adalah Smartcity. Adakah program-program inovasi, yang cerdas, ada wifi nya dan dapat memberikan manfaat melalui penggunaan teknologi, itulah namanya Smartcity.

“Bagaimana kita membranding kota yang biasanya media-media tradisional menjadi media sosial, serta layanan online dan sebagainya,” lanjutnya.

“Kalau Smartcity Insya Allah inovasinya kita masih yang terbaik di Indonesia,” tambahnya.

Baca Juga:

Kadiskominfo Kota Bandung mengatakan bahwa sudah menjadi tugas Diskominfo untuk membranding kota ini, mendesiminasikan program-program kota, membuat citra kota ini baik, makanya kita membuat program Bandung Menjawab.

Kita punya media sosial yang bercerita tentang kota yang baik, pelayanan yang baik. Tapi tidak cukup karena tadi sekarang zamannya viral, zamannya orang mengakses berita yang baik dan tidak baik.

“Sehingga dalam melakukan pencitraan yang baik tersebut, diperlukan desiminasi program dan kebaikan kota bandung dilakukan berbagai cara diantaranya dengan media sosial, teman-teman media, penulis, kemudian masih kurang juga saya minta bantuan yang namanya KIM,” jelasnya.

Tonton Juga: Video Pelatihan Website KIM Kota Bandung

Kenapa KIM? Karena berita-berita yang baik dari kelurahan, program-program yang baiknya belum terangkat.

“Misalnya Kelurahan Binong ada Rajut, di Cigadung ada tempat wisata/batik, kemudian Cigondewah ada apa? dan kelurahan lainnya. Itulah yang inginnya saya diangkat oleh KIM, hal tersebut itulah yang belum terangkat oleh Humas,” jelasnya.

“Silahkah Bapak dan Ibu informasikan program Pemkot Bandung kepada masyarakat dan Program Masyarakat/kelurahan diinformasikan kepada kami melalui web “Kim.Bandung.go.id”, tegasnya.

“Silahkan Bapak dan Ibu KIM untuk dimanfaatkan web nya sudah kita bikinkan, nanti yang namanya aplikasi tidak ada yang sempurna. Nanti ada upgrade 1, 2 dan 3 itu namanya penyempurnaan. Tolong manfaatkan sebaik-baiknya, beritakan informasi yang baik di kelurahan/kecamatan di wilayahnya,” pungkasnya.

Baca Juga: BIAN 2022: Imunisasi Cegah 8 Penyakit pada Anak

Sementara itu Kabid Diseminasi Informasi Elly Harliani meminta kalau ada kendala tolong diinformasikan kepada kami.

“Ini masih kita launching ya, masih ada perbaikan dan revisi yang kita rasa diperlukan, tolong sampaikan masukannya,” ujarnya.

Tampilan website KIM Kota Bandung

Dalam acara tersebut disosialisasikan juga materi pembuatan konten pada website kim.bandung.go.id yang disampaikan nara sumber Tesar Gantarara Suherman.

Tesar  menjelaskan bahwa website KIM Kota Bandung terdiri dari 4 bagian yakni Beranda, KIM Pedia, Berita dan Giat & Program KIM

Kemudian untuk jenis pengguna sendiri terdiri dari tiga bagian yakni:

1. Kontributor yang bertugas membuat dan mengelola artikel, yang dibuat oleh kontributor tersebut.

2. Editor, bertugas membuat dan mengelola artikel dari semua kontributor

3. Administrator, yang memiliki akses ke semua fitur administrasi.

 

Dalam acara tersebut disosialisasikan juga materi pembuatan konten pada website kim.bandung.go.id yang disampaikan nara sumber Tesar Gantarara Suherman.

(YI)

Baca Juga: 

Berita Terkait