Melalui Posyandu Kebon Gedang, Kota Bandung Optimis Raih Juara Tingkat Jabar

Ketua TP PKK Kota Bandung Yunimar Mulyana menghadiri Penilaian Administrasi Lomba Posyandu dan Posyandu Award Tingkat Provinsi Jawa Barat (Humas Kota Bandung)


Kota Bandung, Beritainspiratif.com - Ketua TP PKK Kota Bandung Yunimar Mulyana optimis Posyandu di Kota Bandung meraih juara 1 dalam Lomba Posyandu dan Posyandu Award Tingkat Provinsi Jawa Barat Tahun 2022.

Hal itu disampaikannya usai menghadiri Penilaian Administrasi Lomba Posyandu dan Posyandu Award Tingkat Provinsi Jawa Barat di Banyu Alam Resort Hotel, Jalan Raya Cipanas No.102, Pananjung, Kec. Tarogong Kaler, Kabupaten Garut.

“Alhamdulillah Kota Bandung sudah melaksanakan penilaian posyandu. Mudah-mudahan yang kita harapkan dari hasil ini, kita masuk 6 besar tingkat kotanya. Dan mudah-mudahan menjadi perwakilan di tingkat provinsi. Insyaallah,” kata Yunimar.

Baca Juga: Tembus Pasar Jepang: Kota Bandung Produksi Sepatu Kulit dari Ceker Ayam

Ia berharap, posyandu Kota Bandung menjadi juara 1, sehingga bisa mewakili provinsi Jabar di tingkat nasional.

“Semoga tahun ini melalui Kelurahan Kebon Gedang, Kecamatan Batununggal, bisa maju ke tingkat nasional dan harus optimistis,” ucapnya.

Untuk diketahui, di Kota Bandung terdapat 1.990 posyandu dan terdapat 30 pokjanal posyandu di 30 kecamatan serta 151 pokja posyandu kelurahan.

Jumlah tersebut dibagi menjadi 4 tingkatan posyandu sebagai berikut:

1. Posyandu Pratama, yaitu posyandu yang masih belum mantap kegiatannya belum bisa rutin tiap bulan dan kader aktifnya terbatas.

2. Posyandu Madya, yaitu posyandu sudah melaksanakan kegiatan lebih dari 8 kali per tahun, jumlah kader sudah 5 orang atau lebih akan tetapi jumlah cakupan program utamanya (KB, KIA, Gizi, Imunisasi, dan penanggulangan diare masih rendah atau masih di bawah angka 50 persen.

3. Posyandu Purnama, posyandu yang frekuensinya lebih dari 8 kali per tahun, jumlah kader lebih dari 5 orang, cakupan 5 program utamanya yaitu KB, KIA, Gizi, dan Imunisasi lebih dari 50 persen sudah ada tambahan bahkan mungkin sudah ada dana sehat yang masih sederhana.

Baca Juga:

-Wow...2 Negara Brasil dan Italia Antre untuk Belajar Buruan SAE Kota Bandung

-Inilah 9 Kebiasaan Sehari-hari yang Bisa Bikin Umur Panjang

-Kabar Gembira! Masa Berlaku Paspor Kini Jadi 10 Tahun

-Tembus Pasar Jepang: Kota Bandung Produksi Sepatu Kulit dari Ceker Ayam

4. Posyandu Mandiri, yaitu posyandu yang sudah melakukan kegiatan secara teratur, kader minimal lebih dari 5 orang, cakupan program utamanya sudah bagus ada program tambahan dan dana sehat telah menjangkau lebih dari 50 persen KK.

Adapun jumlah kader posyandu di Kota Bandung tahun 2021 sebanyak 18.482. Jumlah tersebut meningkat di tahun 2022 menjadi sebanyak 20.482.

Secara teknis, sasaran Posyandu di Kota Bandung antara lain meningkatkan derajat kesehatan.

Hal ini diwujudkan dengan program pemenuhan upaya kesehatan perorangan dan upaya kesehatan masyarakat dengan rincian kegiatan pembinaan posyandu aktif, cakupan PHBS, serta cakupan kelurahan siaga aktif. **

(RV)

Baca Juga: 

-TONTON VIDEO-VIDEO BERITAINSPIRATIF   

Berita Terkait