Ibu Kota Jabar Pindah ? Inilah 3 Lokasi Calon Pengganti Kota Bandung

Gedung Sate Pusat Pemerintahan Daerah Provinsi Jawa Barat di Kota Bandung / Foto: Istimewa


Kota Bandung, Beritainspiratif.com - Beredar kabar terbaru di berbagai pemberitaan terkait rencana pemindahan ibu kota Jawa Barat (Jabar) dari Kota Bandung ke kawasan Tegalluar Kabupaten Bandung yang merupakan lokasi stasiun kereta cepat Jakarta-Bandung.

Direktur Utama PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) Dwiyana Slamet Riyadi mengatakan ibu kota Jawa Barat (Jabar) berpotensi dipindahkan ke Tegalluar, Kecamatan Bojongsoang, Kabupaten Bandung.

"Dengan adanya rencana Pemerintah Kabupaten, Pemerintah Provinsi bahkan pak Gubernur Jabar (Ridwan Kamil) menyampaikan ini (Tegalluar) menjadi satu opsi yang besar kemungkinannya untuk menjadi ibu kota provinsi Jawa Barat. Tinggal mendorong dukungan politik," katanya usai meninjau stasiun Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB), seperti dilansir CNN Indonesia, Kamis (13/10/2022).

Baca Juga: Masih Tahap Wacana, Ridwan Kamil: Yang Pindah Pusat Pemerintahannya

Dwiyana menjelaskan, mengutip pernyataan Ridwan Kamil, ada tiga opsi wilayah yang berpotensi menggantikan Bandung sebagai ibu kota Jabar, yaitu kawasan Walini, Kertajati, dan Tegalluar. Namun, dengan pembangunan kereta cepat, maka Tegalluar menjadi alternatif yang kuat.Tegalluar merupakan desa yang berada di kecamatan Bojongsoang di Kabupaten Bandung, Jabar.  

Ia juga mengaku mendapat bocoran dari Ridwan bahwa Tegalluar menjadi opsi terkuat untuk menggantikan Bandung.

Wacana pemindahan ibu kota Jawa Barat sudah mencuat sejak tiga tahun lalu. Namun, pemindahan ibu kota Jabar disebut bergantung pada penyelesaian kereta cepat.

Baca Juga:

-Inilah Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama Tahun 2023

-Presiden Jokowi Luncurkan Vaksin Covid-19 IndoVac Buatan PT Bio Farma Bandung

-Dimulai 15 Oktober, Sensus Regsosek Upaya Membangun Satu Data Indonesia

-Keren Banget ! Buruan Sae Kota Bandung Raih Penghargaan di Kancah Dunia


* Tegalluar dan Kawasan Stadion GBLA (Foto: Istimewa)

Baca Juga: IndoVac Diluncurkan, Indonesia Tidak Lagi Impor Vaksin COVID-19

Sementara itu Wali Kota Bandung, Yana Mulyana berharap ibu Kota Jawa Barat masih berada di Kota Kembang yakni Kota Bandung. 

Hal tersebut ia lontarkan menanggapi soal wacana pemindahan ibu kota Jawa Barat. Wacananya, ada tiga opsi ibu kota akan pindah ke Tegalluar, Walini, dan Kertajati. 

"Kita berharap tetap di Kota Bandung. Karena tidak gampang buat saya," ujar Yana, Jumat 14 Oktober 2022. 

Kendati demikian, Yana menegaskan, Pemkot Bandung lebih fokus memberikan pelayanan kepada masyarakat. Seperti halnya membantu dampak BBM hingga resesi global. 

"Konsentrasi sekarang membantu kesulitan masyarakat yang kena dampak BBM juga resesi global," kata Yana.

(Yanis)

Baca Juga: 

-TONTON VIDEO-VIDEO BERITAINSPIRATIF   

Berita Terkait

  • Ramadhan & Idul Fitri
  • 17 Apr 2024
30 Persen Pemudik Belum Kembali ke Jakarta