Heboh, Bunga Bangkai Tumbuh di Galengan Sawah di Kota Bandung

Ruswandi saat menunjukkan bunga bangkai yang tumbuh di galangan sawah depan rumahnya, Rabu (9/11/2022)


Kota Bandung, Britainspiratif.com - Mengejutkan, sebuah bunga bangkai tumbuh dan mekar di Kota Bandung tepatnya di Jln cipagalo girang  rt 05/rw 06 margasari buah batu Bandung, pada Rabu (9/11/2022) lalu.

Bunga yang biasanya mengeluarkan bau tidak sedap tersebut, ditemukan tumbuh disisi sawah (galengan,red) oleh Ruswandi yang berlokasi didepan rumahnya.

Ruswandi menjelaskan bahwa pohon tersebut dia bawa dari jawa dan diperkirakan jenis suweg atau dengan nama ilmiahnya Amorphophallus paeoniifolius.

“Dulunya saya tanam pohon suweg (sejenis umbi-umbian), kalau jenisnya nggak tahu, tapi itu pohon suweg yang saya bawa dari Jawa,” ungkap Ruswandi.

“Tinggi diperkirakan 40 cm - 1 meter, namun saat ini bunga bangkai tersebut sudah layu,” ujarnya saat dihubungi Beritainspiratif.com Kamis (17/11/2022).

Baca Juga: 10 Budayawan Raih Anugerah Budaya Kota Bandung

Tonton Video: Bungai Bangkai Mekar di Kota Bandung

Menurut ahli Suweg bukanlah jenis bunga langka. Bunga suweg ini bisa tumbuh di mana-mana di seluruh Indonesia. Dan sebenarnya tidak semua bunga bangkai selalu mengeluarkan bau, namun bau bangkai yang keluar dari suweg dikarenakan saat itu bunga betina tengah mekar dan siap untuk menerima polen dari bunga jantan.

Bau busuk yang dikeluarkan oleh bunga bangkai, berfungsi menarik kumbang dan lalat penyerbuk bunganya. Setelah masa mekarnya lewat (sekitar 5-7 hari), bunga bangkai akan layu dan kembali mengulangi siklus hidupnya, dengan tumbuhnya pohon baru di atas umbi bunga bangkai yang sudah mati.

Bunga bangkai memerlukan waktu sekitar 2-3 tahun untuk mekar kembali, namun pengunjung hanya bisa menyaksikannya secara singkat.

Baca Juga:

-Batas Usia Petugas KPPS Pemilu 2024 Maksimum 55 Tahun

-Pemkot Bandung Buka Penerimaan 1.261 Calon ASN Tenaga Teknis Tahun 2022

-9 Pelaku Usaha Terbaik di Kota Bandung Raih Penghargaan UMKM Award 2022

*Bunga Bangkai yang telah layu lewat 7 hari

Jenis Bunga Bangkai

Berbagai sumber menyebutkan, diperkirakan ada 7 (tujuh) Jenis bunga bangkai yang ada di Indonesia pertama adalah bunga bangkai raksasa atau Amorphophallus titanium, kedua lalu Suweg atau porang adalah tanaman yang masih berkerabat dengan bunga bangkai raksasa. Ketiga Konnyaku atau Konjac adalah tanaman asli Asia Tenggara dan Asia Timur. Keempat Iles-iles merupakan tanaman liar penghasil umbi yang bisa dimakan dan memiliki penampilan yang mirip dengan suweg. Kelima Amorphophallus bulbifer adalah tanaman yang tumbuh di daerah subtropik. Keenam  Amorphophallus Abyssinicus atau yang dikenal dengan nama Bagano. Dan terakhir Padma raksasa adalah jenis bunga bangkai asli Indonesia.

(YI) 

Baca Juga: 

-TONTON VIDEO-VIDEO BERITAINSPIRATIF   

-Tilang Manual Dihapus, Beginilah Proses Tilang ETLE dan Cara Bayar Dendanya

-Luar Biasa! Ketua RT di Sragen Diberikan Fasilitas Rumah Dinas

-Pendaftaran PPPK Guru 2022 Dibuka, 3 Kelompok Ini Diprioritaskan

-Bantaran Sungai Cibodas Disulap Jadi RC Circuit Berskala Nasional

Berita Terkait