Forum RT RW Gelar Silaturahmi Se-Kota Bandung Pada 20 Mei 2023

Badan Pengurus saat mengikuti Raker Forum RW Kota Bandung yang berlangsung di The Cipaku Garden Hotel Bandung, Senin (20/2/2023) / Foto: Bicom-Yayan


Kota Bandung, Beritainspiratif.com - Gelaran Rapat Kerja Kota Badan Pengurus Forum RW Kota Bandung Tahun 2023 dan Musyawarah Kota Luar Biasa (Muskotalub) usai dilaksanakan setelah berlangsung selama dua hari pada Senin - Selasa (20-21/2/2023) bertempat di The Cipaku Garden Hotel Bandung.

Ketua Forum RW Kota Bandung H. Lily Maulana menyampaikan bahwa rapat kerja kota Badan Pengurus Forum RW Kota Bandung pada hari pertama Senin (20/2/2023) pagi, diisi dengan acara Peningkatan Kapasitas Kinerja RW Se-Kota Bandung dengan menghadirkan beberapa pembicara/Narasumber.

“Mulai dari Kabag Tapem Setda Kota Bandung, Ketua Forum RW Kota Bandung, Ketua Badan Pendiri Forum RW Kota Bandung, Ketua DPRD Kota Bandung dan Wali Kota Bandung yang sekaligus membuka Acara Rakerkot,” jelas Lily saat ditemui Beritainspiratif.com Jum’at (24/2/2023).

Baca Juga: Masjid Raya Al Jabbar DITUTUP SEMENTARA Selama 2 Pekan

Lebih Lanjut H. Lily mengungkapkan pada hari yang sama Senin siang harinya hingga sore digelar kegiatan Musyawarah Kota Luar Biasa Forum RW Kota Bandung dengan 2 agenda utama.

“Agenda pertama penetapan dan pengesahan perubahan 2 AD ART Forum RW Kota Bandung, dan agenda kedua pemilihan dan pelantikan Dewan Pengawas Forum RW Kota Bandung,” jelasnya.

“Pada hari kedua, Selasa (21/2/2023) menyajikan agenda tunggal berupa Raker Forum RT RW Kota Bandung Tahun 2023,” tambahnya.

Hadir di hari pertama acara Raker 2023 tersebut Wali Kota Bandung Yana Mulyana, Ketua DPRD Kota Bandung Tedy Rusmawan, Asisten Pemerintahan dan Kesra Pemkot Bandung Asep Gufron, Kabag Tapem Setda Kota Bandung,  Camat Cidadap, Ketua Paguyuban Lurah Kota Bandung, Ketua Baznas Kota Bandung, Ketua Kadin Kota Bandung, Dewan Pendiri Forum RW Kota Bandung Juniarso, Pimpinan Bank BJB, Badan Pengurus Forum RW Kota Bandung dan 30 Ketua Forum RW Kecamatan se Kota Bandung serta perwakilan FRW Kelurahan dan lainnya.

Baca Juga: Profil Perry Warjiyo Calon Tunggal Gubernur BI Periode 2023 - 2028

Sementara itu, Sekretaris Umum Forum RW Kota Bandung Asep Sutono (akrab disapa Aston, red) menyampaikan hasil Rapat Kerja Kota Badan Pengurus Forum RW Kota Bandung Tahun 2023 dan Musyawarah Kota Luar Biasa (Muskotalub) dengan beberapa keputusan penting.

Pada sidang pleno dengan agenda penetapan dan pengesahan perubahan 2 AD ART Forum RW Kota Bandung, yang dipimpin Budi Purwana (Ketua), Dodo Sumantri (Sekretaris) dan Irwan Muchtar (anggota) menyepakati:

1. Perubahan nama Forum RW Kota Bandung menjadi Forum RT RW Kota Bandung

2. Penambahan Badan Pengawas

3. Diperlukan adanya Rapat pimpinan yang mengatur tata kelola Forum RT RW, dari tingkat kota, kecamatan hingga kelurahan.

Baca Juga: Pemkot Bandung Berikan Jaminan Kecelakaan Kerja dan Kematian Bagi Ketua RT RW

Pada agenda pemilihan Badan Pengawas Forum RT RW Kota Bandung telah terpilih Badan Pengawas dengan susunan:

1. Yayat S. Andhie (Ketua merangkap Anggota)

2. Ebet Hidayat (Anggota)

3. Hendrawan S Wiwaha (Anggota)

Usai acara pemilihan acara dilanjutkan dengan pelantikan Badan Pengawas oleh Ketua Badan Pendiri Forum RT RW Kota Bandung Juniarso.

Baca Juga: Mulai 1 Maret Kemenhub Buka Mudik Gratis Motor & Penumpang, Daftar di Link Ini!

"Beberapa agenda yang perlu ditindaklanjuti dan dikawal Forum RT RW Kota Bandung diantaranya pencabutan perda nomor 2/2013, kenaikan insentif RT RW, perubahan Perwal 215/2018 serta MoU dengan BPJS, Bappenda, Kadin, BJB dan pihak lainnya," lanjut Aston.

Raker 2023 juga diisi dengan presentasi rencana kerja dari tiap-tiap bidang, pembahasan program kerja tahun 2023, dan pandangan umum.

Silaturahmi RT dan RW Se-Kota Bandung

 

Pada kesempatan Acara Raker tersebut, Ketua Umum Forum RT RW Kota Bandung H. Lily Maulana juga menyampaikan bahwa dalam rangka Hari Jadi Forum RT RW Kota Bandung ke-20 yang jatuh pada tanggal 19 Mei 2023 akan digelar acara Silaturahmi RT dan RW se-Kota Bandung pada hari Sabtu, tanggal 20 Mei 2023.

Lily mengungkapkan saat ini jumlah RT dan RW se-kota Bandung tercatat sebanyak 11.535 orang, untuk itu agar rencana acara tersebut dapat terselenggara dengan baik, diperlukan keterlibatan penuh dari semua unsur Forum RT RW di berbagai tingkatan dengan melakukan konsolidasi internal di masing-masing wilayah.

“Forum RT RW di wilayah perlu melakukan konsolidasi internal, untuk mendata sejauh mana kesiapan dan keikutsertaan Ketua RT dan RW di wilayahnya selanjutnya melaporkan kepada Badan Pengurus Forum RT RW Kota Bandung,” ungkap Lily.

“Direncanakan nantinya akan ada biaya partisipasi untuk acara tersebut, sebesar Rp500.000 per RW. Nantinya dengan biaya partisipasi tersebut setiap RW akan mendapatkan Kaos acara sejumlah RT yang ada di wilayahnya, ditambah paket snack,” pungkas Lily.

Lihat Berita dan Artikel lainnya di: Google News

(YI) 

Baca Juga:

-Berita Liputan Lainnya di Video Youtube Bicom

-Buka Raker Forum RW, Wali Kota Bandung: RT dan RW Bekerja 25 Jam Sehari

-Pisang Goreng Dinobatkan Ter-Enak No.1 Di Dunia, Ini Lokasinya di Kota Bandung

-Masjid Raya Al Jabbar DITUTUP SEMENTARA Selama 2 Pekan

-Mulai 1 Maret Kemenhub Buka Mudik Gratis Motor & Penumpang, Daftar di Link Ini!

-Pemkot Bandung Berikan Jaminan Kecelakaan Kerja dan Kematian Bagi Ketua RT RW

Berita Terkait

  • Ramadhan & Idul Fitri
  • 17 Apr 2024
30 Persen Pemudik Belum Kembali ke Jakarta