130 Calon Kades di Kabupaten Bogor Melakukan Deklarasi Damai

130 Calon Kades di Kabupaten Bogor saat Deklarasi Damai gelombang kedua di Gedung Tegar Beriman, Kabupaten Bogor, Kamis (9/3/2023)


BERITAINSPIRATIF.COM - Sebanyak 130 calon kepala desa (kades) yang akan mengikuti Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak gelombang kedua tahun 2023 di Kabupaten Bogor, melakukan Deklarasi Damai di Gedung Tegar Beriman, Kabupaten Bogor, Kamis (9/3/2023).

Plt. Bupati Bogor Iwan Setiawan mengingatkan peserta untuk siap menang dan siap kalah.

Deklarasi damai dilakukan dihadapan Plt. Bupati Bogor beserta jajaran Forkopimda Kabupaten Bogor, Kapolres Bogor AKBP Iman Imanuddin.

Iwan mengatakan, menuju pelaksanaan Pilkades serentak gelombang kedua yang akan diselenggarakan hari Minggu tanggal 12 Maret 2023, pihaknya bersama Forkopimda menyelenggarakan Deklarasi Damai yang bertujuan untuk menjaga stabilitas dan kondusivitas Kabupaten Bogor.

“Pilkades bukan kegiatan baru, ini kegiatan rutin, masyarakat sudah terdidik dan terbiasa mengikuti Pilkades, karena pesta demokrasi tertua adalah Pilkades. Menurut saya kedewasaan masyarakat sudah teruji dalam mengikutinya, yang penting pelaksanaannya sudah sesuai dengan aturan yang berlaku,” katanya.

Baca Juga: Penyakit Ginjal Kronis Sering Tidak Terasa, Tiba-tiba Stadium 5, Ini Gejalanya!

Iwan berharap, deklarasi damai hari ini kedewasaan masyarakat sudah teruji, tinggal bagaimana stakeholder yang hari ini diundang dapat melaksanakan tugasnya dengan sebaik mungkin pada Pilkades serentak yang akan datang.

“Yang terpenting adalah sikap kedewasaan berdemokrasi para peserta, harus siap menang dan siap kalah. Kita buktikan hari ini kita duduk bersama melaksanakan deklarasi damai, mengikuti kontestasi untuk mengabdikan diri sebagai pelayan masyarakat,” ucapnya.

Iwan menjelaskan, dirinya membuat formula untuk pendaftaran calon tidak dipungut biaya.

"Karena sudah kami danai, jadi tolong kepada calon kades bisa menghargai Pemkab Bogor yang sudah mendanai, melaksanakan dan mengawal Pilkades serentak ini," ujarnya.

“Mudah-mudahan pesta demokrasi tingkat desa ini bisa melahirkan pemimpin yang berkualitas yang bisa meningkatkan kedewasaan berdemokrasi sesuai amanat undang-undang. Dan kami juga berupaya terus menjaga kamtibmas di tengah masyarakat,” katanya.

Baca Juga: Masjid Al Jabbar Dibuka lagi pada 1 Ramadan 1444 H

Kapolres Bogor AKBP Iman Imanuddin mengungkapkan, pihaknya sudah melakukan upaya preventif dengan mengedukasi dan mengajak masyarakat mewujudkan proses Pilkades yang beradab. Ia juga melakukan upaya melakukan kegiatan pengamanan, penjagaan dan pengawalan.

“Saya berharap masyarakat harus punya filter yang baik untuk menyaring informasi yang belum terkonfirmasi kebenarannya, seperti hoaks atau isu-isu negatif, jadi masyarakat jangan sampai terprovokasi,” ucapnya.

Iman berharap, dengan adanya kesadaran yang sama untuk menjaga stabilitas dan kondusivitas keamanan antara masyarakat, peserta, panitia dan seluruh stakeholder terkait pada Pilkades serentak nanti, pihaknya tidak perlu menggunakan kewenangan di bidang represif.

Kepala Dinas Pemberdayaan masyarakat dan Desa (DPMD) Renaldi Yushab Fiansyah menuturkan, hadir pada deklarasi damai hari ini sebanyak 130 calon Kepala Desa, untuk 36 desa yang melaksanakan Pilkades, di 26 kecamatan. Deklarasi damai ini adalah salah satu tugas dari panitia Pilkades mulai dari tingkat desa, kecamatan, hingga tingkat kabupaten.

“Hari ini kita laksanakan secara terkoordinasi dengan menghadirkan Forkopimda dan semua elemen masyarakat. Pelaksanaan Pilkades ini semua melalui mekanisme yang diatur jelas di dalam Perbup,” ujarnya.

Ia menambahkan, calon yang mengikuti proses pemilihan ada lima, jika lebih dari lima ada tahapan penyeleksian, kalau setelah seleksi masih ada lebih dari lima, ada seleksi tertulis dan penghitungan skor. Jadi untuk memperoleh lima calon kades yang mengikuti Pilkades, tahapan itu harus dipenuhi.

Turut hadir perwakilan Danrem 061 Surya Kencana, Kodim 0621 Kabupaten Bogor, Lanud ATS, Polresta Depok, Kodim 0508 Depok, MUI Kabupaten Bogor, jajaran Kapolsek, Danramil, camat dan kepala dinas. 

Lihat Berita dan Artikel lainnya di: Google News

(Yanis) 

Baca Juga:

-Berita Liputan Lainnya di Video Youtube Bicom

-Mulai Besok 26 Februari Tiket KA Mudik Lebaran Bisa Dipesan, Ini Link-nya

-Aplikasi PeduliLindungi Jadi SATUSEHAT, Ini Kelebihan & Cara Mengubahnya!

-Begini Tips Menghadapi Debt Collector

-Mulai 20 Maret Pemerintah Berikan Subsidi Motor Listrik Rp7 Juta Per Unit

-Mengapa Kabupaten Bantul Tidak Memiliki Ketua RW, Ini Penjelasannya !

Berita Terkait