BI Layani 5.066 Titik Penukaran Uang di Bank & Jalur Mudik, Ini Lokasinya !

Deputi Gubernur BI, Aida S. Budiman saat meluncurkan program terpadu SERAMBI di Bank Indonesia, Senin (20/3/2023) / dok. Bank Indonesia


Jakarta, Beritainspiratif.com - Bank Indonesia luncurkan program terpadu SERAMBI (Semarak Rupiah Ramadan dan Berkah Idulfitri) 2023 yang pagi ini dilakukan oleh Deputi Gubernur BI, Aida S. Budiman, di Bank Indonesia (20/3/2023).

“SERAMBI merupakan rangkaian kegiatan pemenuhan kebutuhan uang Rupiah dan layanan kas pada kepada masyarakat periode Ramadan dan Idulfitri 2023,” ujar Aida S. Budiman dalam keterangan resmi BI, Senin (20/3/2023). 

Deputi Gubernur Aida, juga menyampaikan tiga framework BI dalam melakukan pengelolaan uang rupiah yang dioptimalkan menjelang hari raya. 

“Pertama ketersediaan uang rupiah yang berkualitas dan terpercaya, kedua sistem distribusi uang yang efisien dengan layanan kas prima dan ketiga adalah infrastruktur,” lanjutnya. 

Ia mengajak  masyarakat untuk “Cinta, Bangga, Paham Rupiah". Implementasi cinta dengan merawat Uang Rupiah, bangga menggunakan Uang Rupiah, dan Paham, yaitu dengan menggunakannya secara bijak.

“BI mengajak masyarakat untuk berperilaku belanja bijak dan mencermati ciri-ciri keaslian Uang Rupiah dengan senantiasa menerapkan 3D (dilihat, diraba dan diterawang),” pungkasnya. 

Baca Juga: Masjid Al Jabbar Dibuka Kembali, Inilah Tata Tertib yang Harus Ditaati

Sementara itu Kepala Departemen Komunikasi BI Erwin Haryono menyampaikan Bank Indonesia dalam  memenuhi layanan penukaran uang baru di bulan Ramadan dan Idulfitri 1444 H, menyiapkan uang tunai sebesar Rp195 triliun,  naik 8,22% dari realisasi tahun 2022.

“Antisipasi kenaikan ini mempertimbangkan pencabutan status Pelonggaran Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), pertumbuhan ekonomi yang semakin membaik serta peningkatan mobilisasi masyarakat,” jelas Erwin. 

Empat Layanan penukaran uang baru di Bank Indonesia sebagai berikut:

1. Mulai tanggal 27 Maret 2023 s.d 20 April 2023,  Bank Indonesia (BI) bekerja sama dengan perbankan menyediakan layanan penukaran uang di 5066 titik layanan penukaran di bank yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.  KLIK LOKASI DISINI

2. Mulai 27 Maret 2023 s.d 19 April 2023,  Bank Indonesia juga menyediakan opsi layanan penukaran uang melalui

(i) kas keliling di pusat keramaian (terminal, pasar, dan stasiun),

(ii) kas keliling susur sungai (khusus Provinsi Sumatera Selatan, Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah) bekerja sama dengan perbankan. Khusus untuk wilayah DKI Jakarta. 

Khusus untuk layanan penukaran kas keliling, masyarakat diharapkan memesan penukaran terlebih dahulu melalui aplikasi PINTAR​.

Baca Juga: Kabupaten Garut Pecahkan MURI 'Sajian Baso Aci Terbanyak'

3. Terhitung 3-14 April 2023, Bank Indonesia bekerjasama dengan 16 bank wilayah DKI Jakarta, akan melakukan layanan kas keliling bersama.

Kas keliling tersebut akan mengambil tempat di Masjid Hasyim Asya'ri, Masjid Istiqlal, Masji At Tin, Masjis Islamic Center, dan Masjid Al Azhar. Hadir pula di pasar wilayah Jabodetabek yaitu Pasar Kopro, Pasar Pramuka, Pasar Rawa Bening, Pasar Slipi, Pasar Koja, dan Pasar Tebet pada tanggal 27 Maret-20 April 2023, serta di Parkir Timur Gelora Bung Karno pada 8-9 April 2023.

4. Mulai tanggal 15-19 April 2023 Bank Indonesia menambah lokasi layanan penukaran di jalur mudik melalui Program BI Peduli Mudik. 

Lokasi jalur mudik tersebut meliputi Rest Area Jalan Tol di Jawa, Lampung, Palembang, serta di alur penyeberangan di Pelabuhan Merak, Bakauheuni, Ketapang, dan Gilimanuk. Untuk penukaran di jalur mudik ini, masyarakat tidak perlu memesan terlebih dulu melalui Aplikasi PINTAR.

Lihat Berita dan Artikel lainnya di: Google News

(YI) 

Baca Juga:

-Berita Liputan Lainnya di Video Youtube Bicom

-112 Akan Jadi Nomor Tunggal Layanan Kegawatdaruratan di Kota Bandung

-Jadwal Pasar Murah Jelang Ramadan, di 30 Kecamatan Kota Bandung

-Kota Bandung Buka Layanan Pemeriksaan Hewan Gratis, Daftar via Online
-LUAR BIASA! Satu Keluarga Ini Semua Sukses Berprofesi Sebagai Dokter

-Beli Gas LPG 3 Kg Wajib Pakai KTP dan Terdaftar di Database Pangkalan

-Pembangunan RS UNPAD JATINANGOR Dimulai, Target Beroperasi Januari 2024

-Layanan PBB Kota Bandung Cukup Via Aplikasi 'TEMAN PBB', Inilah Fungsi dan Cara Installnya

 

Berita Terkait