David da Silva Pecahkan Rekor Pencetak Gol Terbanyak Persib Dalam 1 Musim

Selebrasi David da Silva @ PERSIB.co.id/Barly Isham


BERITAINSPIRATIF.COM - PERSIB berhasil mengalahkan Persis Solo 3-1 pada laga pekan ke-32 Liga 1 2022/2023 di Stadion Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor, Selasa, 4 April 2023 sekaligus sebagai 2 gol bersejarah bagi David da Silva.

Bagi PERSIB, ini adalah gol bersejarah. Sebab, dengan gol tersebut, David da Silva yang sudah mengoleksi 23 gol ( sama dengan Pato dari Borneo) berhasil memecahkan rekor pencetak gol terbanyak dalam satu musim milik Sutiono Lamso sebanyak 21 Gol yang sudah lama bertahan selama 28 tahun.

Pangeran Biru kebobolan lebih dulu lewat gol Jaimerson Da Silva Xavier pada menit 26. Namun, PERSIB berbalik menang berkat brace David da Silva melalui 2 Gol salah satunya lewat titik penalti pada menit 45+5 dan menit 62 serta Frets Butuan menit 79.

Baca Juga: Jika Alat Cium Jarak Jauh Beredar di Indonesia, Ini Kata Dosen Unair

Dikutip Persib.co.id, PERSIB maupun Persis Solo langsung tampil terbuka. Laskar Sambernyawa pun mendapat peluang pertamanya di menit 8 melalui tendangan Abduh Lestaluhu. Tapi bola bisa ditepis dengan sempurna oleh Teja Paku Alam. 

PERSIB balik mengancam lewat Ciro Alves, David da Silva dan Nick Kuipers yang sundulannya di menit 22, masih membentur tiang gawang. 

Persis membuka keunggulan pada menit 26 ketika Jaimerson mencetak gol dari situasi tendangan bebas. 

Menit 34, Kuipers kembali bisa menyundul bola yang mengarah langsung ke gawang, tapi bisa dibendung kiper Persis Solo, Gianluca Pandeynuwu. Menit 40, Rezaldi Hehanussa mendapat ruang tembak, tapi tembakannya mengarah tepat ke kiper. 

Menit 45, Beckham mengirimkan umpan silang kepada Da Silva. Namun, David da Silva ditarik Jaimerson dan wasit menghukum dengan tendangan penalti. Penalti untuk PERSIB diambil Da Silva, tapi bisa dihalau. Namun, wasit melihat ada pelanggaran dilakukan oleh Jaimerson sehingga penalti harus diulang.

Di eksekusi kedua, Da Silva mampu menjalankan tugasnya dengan sempurna yang membuat keadaan kembali imbang menjadi 1-1. Tak berselang lama, wasit meniup peluit tanda babak pertama berakhir.

Baca Juga: Masjid Al-Jabbar Setiap Hari Sediakan 100 Lebih Takjil dan Iftar Gratis

PERSIB langsung tancap gas sejak babak kedua bergulir. Kuipers kembali mendapat peluang di mulut gawang Persis Solo, tapi sundulannya melambung di atas mistar 

Di menit 55, PERSIB melakukan dua pergantian. Luis Milla memasukkan Dedi Kusnandar dan Achmad Jufriyanto untuk menggantikan Ricky Kambuaya dan Rezaldi Hehanussa. Di menit 59, Marc Klok dikartu kuning karena angkat kaki terlalu tinggi. 

Di menit 63, Da Silva mencetak gol keduanya di laga ini untuk membalikkan keadaan menjadi 2-1. Ia mampu mencuri bola yang dikuasai Jaimerson di dalam kotak penalti dan langsung membobol gawang Persis Solo. 

Di menit 67, pergantian kembali dilakukan PERSIB. Kali ini, Frets Butuan dimasukkan menggantikan Beckham Putra Nugraha. 

Baca Juga: TOP LUAR BIASA! Siswa SMA Pradita Dirgantara Diterima di 10 Kampus Luar Negeri

Sepuluh menit berselang, terjadi aksi tak menyenangkan dari tribun selatan Stadion Pakansari yang membuat wasit terpaksa menghentikan laga. Tak lama, situasi kembali kondusif dan pertandingan kembali dilanjutkan dengan bola berada di bawah penguasaan PERSIB. 

Di menit 79, Frets dapat bola di dalam kotak penalti dan mengeksekusinya dengan tendangan keras untuk jadi gol ketiga Pangeran Biru. 

Di menit 84, Kakang melakukan pelanggaran yang menghasilkan kartu kuning untuknya. Empat menit berselang pergantian terakhir dilakukan dengan Luis Milla memasukkan Ferdiansyah untuk menggantikan Marc Klok. 

Di menit-menit akhir pertandingan, PERSIB masih berupaya menambah keunggulan. Lemparan jauh Robi Darwis sempat menghasilkan kemelut, tapi gagal dimaksimalkan oleh Ciro Alves. Persis pun mengancam, tapi hingga laga berakhir skor PERSIB 3-1 Persis Solo tak berubah.

Dengan tambahan tiga poin ini, PERSIB mantap di posisi kedua klasemen sementara Liga 1 setelah menambah koleksi poinnya menjadi 62, unggul lima poin atas Persija Jakarta yang ada di bawahnya.

Berikut daftar susunan pemain PERSIB melawan Persis Solo;

PERSIB Starting XI: Teja Paku Alam (GK), Rachmat Irianto (C), Nick Kuipers, Rezaldi Hehanussa (55), Kakang Rudianto, Marc Klok (88), Ricky Kambuaya (55), Robi Darwis, Beckham Putra (67), David da Silva, Ciro Alves

Cadangan: Reky Rahayu, Victor Igbonefo, Achmad Jufriyanto (55), Dedi Kusnandar (55), Abdul Aziz, Erwin Ramdani, Frets Butuan (67), Febri Hariyadi, Ferdiansyah (88), Ezra Walian.***

Lihat Berita dan Artikel lainnya di: Google News 

Berita Terkait