Tol Fungsional Cisumdawu Mulai Hari Ini Dibuka



BERITAINSPIRATIF.COM - Jalur fungsional di Ruas Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan Cisumdawu (Cisumdawu), Jawa Barat dibuka pada hari ini Minggu (16/4/2023) atau H-6.

Kapolres Sumedang AKBP Indra Setiawan mengungkapkan, ruas jalur tol fungsional yang dapat dilewati tersebut adalah mulai dari Gerbang Tol (GT) Cimalaka hingga GT Ujung Jaya mulai pukul 08.00 hingga 15.00 WIB.

Dengan demikian, jalur tol dari Bandung sampai Tol Cipali sudah terkoneksi penuh melalui Tol Cisumdawu ketika periode arus mudik Lebaran tahun ini.

"Pada saat arus mudik, berlaku satu arah dari Bandung menuju Dawuan Cipali, sedangkan saat arus balik berlaku satu arah dari arah Dawuan Cipali menuju Bandung," kata Indra di Sumedang,Minggu (16/4), seperti dilansir Antara.

Baca Juga: Ridwan Kamil Tunjuk Ema Sumarna Sebagai Plh Wali Kota Bandung

Adapun jalur fungsional Tol Cisumdawu yang bisa digunakan hanya Jalur A atau jalur dari Bandung yang mengarah ke Tol Cipali. Sedangkan Jalur B pengerjaannya belum sepenuhnya rampung.

Indra mengingatkan pengguna Tol Cisumdawu apabila merasa lelah dalam perjalanan maka disarankan untuk beristirahat di "rest area" yang telah disediakan.

Baca Juga: PSM Makassar Juara BRI Liga 1 2022/2023, Inilah Daftar Peraih Penghargaan Terbaik

Ia menerangkan di jalur fungsional Tol Cisumdawu telah disediakan "rest area" darurat yang berlokasi di Jalur B tepatnya di Kilometer 194. Di "rest area" itu sudah tersedia SPBU Modilar, toilet sementara, hingga minimarket.

"Masyarakat pengguna jalan diimbau untuk tidak berlama-lama istirahat di 'rest area'," ucapnya.

Kendati telah dibuka, dia mengingatkan masyarakat bahwa jalur fungsional di ruas Cimalaka-Dawuan itu belum 100 persen selesai sempurna.

"Dengan demikian, masyarakat pengguna jalan yang melewati jalur itu harus berhati-hati, menjaga kecepatan, tidak mengebut, fokus mengemudi, dan mengendalikan kendaraan," ujarnya.

Lihat Berita dan Artikel lainnya di: Google News 

(YI) 

Berita Terkait