Daftar 10 Orang Terkaya di Indonesia Terbaru April 2023

Low Tuck Kwong orang terkaya di Indonesia / Foto: dok. Forbes


BERITAINSPIRATIF.COM - Daftar 10 orang terkaya di Indonesia terus berubah setiap waktu. Laporan Forbes Real Time Billionaires selalu mencatat setiap perubahan jumlah harta pada seluruh orang terkaya di Tanah Air.

Berdasarkan data Real Time Billionaires Forbes saat ini posisi teratas orang terkaya di Indonesia diduduki oleh Low Tuck Kwong.

Low Tuck Kwong menjadi orang terkaya di Indonesia mendepak Hartono bersaudara sebagai orang terkaya di Indonesia yang selama ini bertengger peringkat pertama daftar orang terkaya RI.

Selain itu, Lim Hariyanto Wijaya Sarwono kini masuk menjadi orang terkaya kelima di Tanah Air. kekayaan Lim melesat mengingat pada posisi Desember 2022 ia masih berada di posisi 36.

Baca Juga: Mulai Besok, Hari Kerja Semua PNS Baik Pusat/Daerah Hanya 5 Hari

Berikut ini daftar 10 orang terkaya di Indonesia tahun 2023 terbaru sebagaimana dilansir Forbes Real Time Billionaires, Jakarta, Rabu (19/4/2023).

1. Low Tuck Kwong

Low Tuck Kwong memiliki kekayaan senilai US$29,6 miliar atau setara Rp439,91 triliun (asumsi kurs Rp14.862 per dolar AS). Kwong merupakan bos batu bara dan pendiri Bayan Resources.

Kekayaan Kwong meningkat imbas harga batu bara yang melonjak pada pertengahan tahun lalu.

2. Budi Hartono

Budi Hartono memiliki kekayaan US$26,9 miliar atau setara Rp399,79 triliun. Ia mendapatkan sebagian besar kekayaan dari investasi mereka di PT Bank Central Asia Tbk atau BCA.

3. Michael Hartono

Saudara Budi Hartono ini memiliki kekayaan US$25,7 miliar atau setara Rp381,95 triliun. Michael juga mendapat kekayaan sebagian besar dari kepemilikan saham Bank BCA.

4. Sri Prakash Lohia

Sri Prakash Lohia memiliki kekayaan senilai US$7,4 miliar atau sekitar Rp109,98 triliun. Ia menghasilkan banyak uang dengan memproduksi PET dan petrokimia lainnya.

Pada 1970-an ia dan ayahnya mendirikan Indorama Corporation sebagai pembuat benang pintal. Sekarang perusahaan telah berkembang ke sektor pembangkit tenaga listrik petrokimia, membuat produk industri termasuk pupuk, poliolefin, bahan mentah tekstil, dan sarung tangan medis.

Baca Juga: Kantor Pemerintahan Diminta Tunda Acara Halalbihalal

5. Lim Hariyanto Wijaya Sarwono

Lim hariyanto memiliki kekayaan mencapai US$6,4 miliar atau setara Rp95,11 triliun. Lim merupakan pengusaha perkebunan kelapa sawit melalui bendera Bumitama Agri yang tercatat sebagai emiten di Singapura. Bersama mitranya asal China, Lim membentuk grup Harita, pemilik smelter nikel di Halmahera, Maluku Utara.

6. Prajogo Pangestu

Prajogo Pangestu memiliki kekayaan mencapai US$5,9 miliar atau sekitar Rp87,7 triliun. Ia merupakan bos dari perusahaan petrokimia Chandra Asri.

7. Chairul Tanjung

Chairul Tanjung memiliki kekayaan senilai US$4,9 miliar atau sekitar Rp72,85 triliun. Ia merupakan pendiri CT Corp yang terkenal karena menerbitkan kartu kredit, mengoperasikan hipermarket, dan menjalankan stasiun TV.

8. Dewi Kam

Dewi Kam memiliki kekayaan mencapai US$4,8 miliar atau sekitar Rp71,34 triliun. Ia mendapatkan sebagian besar kekayaannya dari saham minoritas di perusahaan tambang batu bara Bayan Resources.

9. Tahir dan keluarga

Tahir dan keluarga memiliki kekayaan mencapai US$4,3 miliar atau setara Rp63,92 triliun. Tahir merupakan pendiri grup Mayapada, sebuah konglomerat yang bergerak di bidang perbankan, perawatan kesehatan, dan real estat.

10. Djoko Susanto

Djoko Susanto juga memiliki kekayaan mencapai US$4,2 miliar atau setara Rp62,42 triliun. Ia adalah pendiri Alfamart yang memiliki lebih dari 19 ribu minimarket di seluruh Indonesia dan lebih dari 1.200 toko di Filipina.

Lihat Berita dan Artikel lainnya di: Google News 

(YI) 

Berita Terkait